oleh

KPU Bone Dan Lembaga FAKTA Gelar Sosialisasi Pilkada

-Bone-620 views

BONEPOS. BONE –Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bone bekerjasama Lembaga Forum Anti Korupsi Transparan Dan Adil (FAKTA) dengan tema mendorong partisipasi pemilih perempuan melalui musik tradisional tahun 2018 di Aula kantor Desa Pitumpidange Kecamatan Libureng, Senin, (30/4).

Hadir dalam sosialisasi tersebut camat Libureng Andi Rahmat Musrya, S.STP, Komisioner KPUD Bone, Yusnan Suyuti,DM, SE, M.Si, Ketua LSM FAKTA, Andi Bahri, S.Pd, Kepala Desa Pitumpidange,Ir Andi Amran, ST, Ketua Yayasan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sulawesi (YPSDMS), Herman.

BNNK BONE

Sebelum dilakukan sosialisasi oleh KPUD Bone, terlebih dahulu diawali pertunjukan musik tradisional kacaping, dengan tema-tema pilkada mengajak kaum perempuan untuk berpartisipasi dalam pilkada. yang hadiri ratusan perempuan se Pitumpidange.

Dalam sambutannya Komisioner KPUD Kabupaten Bone, Yusnan Suyuti,DM,SE,M.SI,mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah dalam rangka mendorong partisipasi pemilih perempuan dalam pemilu. Kenapa harus di dorong, lanjutnya karena dari hasil pantauan, analisi dan fakta/data yang kami miliki pemilih perempuan lebih banyak dari aspek kuantitas namun dari aspek kualitas masih rendah.

“Apa sebenarnya masalah perempuan, kenapa tidak berani berpartisipasi dalam pemilu padahal dari segi jumlah, pemilih perempuan lebih banyak dari laki-laki. Itulah  yang akan kita diskusikan” Ujar Yusnan.

Adapun partisipasi perempuan tidak hanya sebagai caleg namun menjadi pemilih cerdas atau penyelenggara pemilu pun adalah bentuk partisipasi kaum perempuan dalam rangka meningkatkan kualitas demokrasi.

“Demokrasi yang sehat itu memberikan kesempatan yang sama kepada semua Warga Negara tanpa dibatasi oleh gender atau jenis kelamin untuk menjadi bagian dalam proses penyelenggaraan pemilu.” Pungkasnya.

Ketua Lembaga FAKTA, Andi Bahri S. Pd, ditemui bonepos.com, menggunggkapkan sosialisasi partisipasi perempuan dalam pilkada, yang digelar di Desa Pitumpidange bekerjasama dengan KPUD ini,mengajak kaum perempuan untuk partisipasi dalam Pilkada yang digelar tahun ini Dan untuk tidak golput atau tidak memilih. Berharap dengan ini partisipasi perempuan di Kabupaten Bone dapat meningkat.”tandasnya.

Penulis : Amry Amas

Komentar

News Feed