oleh

Viral “Pelaminan Kelabu” Pernikahan Anak Dibawah Umur di Sinjai Batal

-Sinjai-1.307 views

BONEPOS.COM, SINJAI – Pernikahan yang rencana dilaksanakan hari ini oleh keluarga mempelai wanita, RSR (12) anak dibawah umur di Kelurahan Balangnipa Kabupaten Sinjai, akhirnya batal.

RSR yang merupakan siswa SD 125 Karampue Sinjai Utara ini adalah Putri dari pasangan Sinar dan Basri.

BNNK BONE

Ia terpaksa menanggung rasa malu lantaran pernikahannya dengan Erwin (21) lelaki asal Kabupaten Jeneponto, Sulawesi selatan, tidak mendapat izin dari pemerintah setempat.

Lurah Balangnipa, Muhammad Azharuddin yang ditemui bonepos.com dilokasi pelaminan mengatakan bahwa pihaknya melarang untuk melangsungkan acara pernikahan tersebut karena mempelai wanita merupakan anak dibawah umur.

Menurutnya jika melihat UU Perkawinan UU Pasal 7 ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 tahun 1974, perempuan tersebut belum cukup umur untuk menikah. Mereka yang boleh menikah adalah pria berusia minimal 19 tahun dan wanita berusia minimal 16 tahun.

“Ini harus dibatalkan karena sudah jelas menyalahi UU Perkawinan. Kami sudah berkordinasi dengan pihak lembaga perlindungan anak, pihak Kementerian Dinas Sosial RI serta kepolisian untuk bersama-sama menangani masalah tersebut. Dan kami dari pihak pemerintah setempat akan melakukan pendekatan secara persuasif, memberi pengertian kepada pihak mempelai wanita serta upaya-upaya solusi untuk meringankan bebannya terkait uang Panai yang sudah terlanjur diterimanya,” kata Azhar.

Hal yang senada diungkapkan oleh Ufrah Sulfiah, dari Sakti Peksos Perlindungan Anak Kementerian Sosial RI, bahwa apapun alasan dari pihak mempelai wanita, pernikahan ini tetap harus dibatalkan.

“Benar pak, kami mendapat instruksi langsung untuk melakukan pendampingan terhadap RSR yang masih dibawah umur, serta bekerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk segera membatalkan pernikahan RSR. Sehingga hari ini kami langsung mengunjungi rumah kediaman mempelai wanita bersama Pihak Kelurahan, dan pihak Kepolisian untuk membatalkan acara perkawinan yang rencana akan dilangsungkan hari ini,” kata Ufrah Sulfiah.

Informasi yang dihimpun bonepos.com, bahwa mempelai wanita RSR, pada senin kemarin telah berangkat ke Kecamatan Taroang Kabupaten Jenneponto untuk melaksanakan akad nikah dan akan melaksanakan acara resepsi pada hari ini dikediaman mempelai wanita Jalan Samratulangi Kelurahan Balangnipa Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. (*)

Komentar

News Feed