Inilah 13 Hikmah Peristiwa Mahatir Mohamad Tumbangkan Rezim di Malaysia

Int

Para bawahan ini sepenuhnya bekerja untuk kebaikan bangsa dan negara walaupun pimpinan atasan mereka terpaksa atau dipaksa harus memihak pada pemimpin ketika itu.

Hikmah

Ada beberapa hikmah yang dapat kita pelajari pada PRU ke 14 Malaysia yang menyebabkan jatuhnya rejim Barisan Nasional yang telah berkuasa selama lebih 61 tahun di Malaysia, antara lain;

Pertama; pemimpin jangan lambat membaca gelombang kebangkitan kehendak dan suara hati nurani rakyat. Tetap maju dan tidak mundur sebagai pemimpin walaupun hanya menang secara minoritas pada PRU ke 13 dulu.

Kebangkitan rakyat yang sudah diperlihatkan semenjak tahun 1998 lagi yang dipimpin oleh Anwar Ibrahim di Malaysia. Ini adalah sebuah gerakan ketuanan rakyat untuk menyedarkan rakyat akan hak-hak mereka sebagai pemilik mutlak tanah air mereka. Gelombang kebangkitan rakyat ini menurut perhatian saya tidak pernah surut walaupun dihadapi dengan berbagai-bagai tekanan, penipuan, ancaman dan penyalahgunaan kuasa lainnya dari penguasa dan pengusaha.

Kedua; belalah dan perjuangkanlahkonsep ketuanan rakyat yang diperjuangkan di atas. Sistem monarki dan sistem pemerintahan kuno yang mendewakan dan mengagungkan pemimpin sudah lama ditinggalkan.

Pemimpin diktator, kuku besi, zalim akan selamanya dimusuhi rakyat. Di sisi lain pemimpin menjelma bagaikan raja-raja baru dengan keangkuhan dan kesombongannya. Padahal perjuangan ketuanan rakyat telah melahirkan rakyat yang berjiwa merdeka.

Sehingga pegawai negeri, polisi, tentara, guru dan PNS lainnya tidak memilih partai pemerintah. Ini karena mereka sangat sadar bahwa mereka diangkat, bekerja dan digaji adalah untuk kepentingan negara dan bangsa bukan untuk kepentingan presiden apalagi untuk kepentingan partainya presiden. Mereka sadar bahwa presiden, menteri, dan jabatan politik lainnya adalah bersifat sementara yang setiap waktu boleh diganti dalam proses demokrasi.

Selanjutnya 1 2 3 4 5