oleh

Jalan Terputus di Bone Akhirnya Teratasi

-Bone-601 views

BONEPOS.COM, BONE – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan mengambil tindakan cepat, terkait jalan yang terputus di kabupaten Bone, tepatnya di Deasa Ponre-ponre, Kecamatan Libureng, Bone.

Kepala Dinas Bina Marga dan Konstruksi Sulawesi Selatan, Jumras berinisiatif mengambil tindakan cepat di lapangan. Dengan membangun jalan darurat. Jalan tersebut terputus karena intensitas hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir.

BNNK BONE

Dinas Bina Marga Sulsel membuat dan menyambung dengan jalan darurat tersebut dengan memanfaatkan material setempat dan sejumlah alat berat dikerahkan ke lokasi, Kamis 21 Juni 2018 kemarin.

Adapun, jembatan darurat yang dibangun sepanjang 15 meter, sedangkan jalan yang longsor sepanjang 30 meter.

“Kami membangun jembatan darutat dengan memotong pohon yang ada di sekitar lokasi,” kata Jumras.

Pembuat jembatan semi permanen, membutuhkan waktu yg relatif lebih lama. Jumras menjelaskan waktu 5-6 hari sebelum Pilkada tidak cukup. Padahal jalur pengangkutan logistik Pilkada sudah harus segera disalurkan.

Jembatan Bailey (Belly) yang merupakan jembatan rangka baja ringan berkualitas tinggi, yang mudah dipindah-pindah (movable) atau jembatan sementara bisa menjadi solusi.

“Kami ambil tindakan darurat sambil membuat jembatan darurat yg lebih baik,” kata Jumras yang turun langsung ke lapangan.

Sementara, untuk pembangunan jalan permanen beton, juga sudah dibicarakan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone setempat.

Akibat musibah itu sebelumnya di khawatirkan penyaluran logistik pilkada terbengkala, pasalanya dari empat desa yang terisolir itu terdapat sekira 1000-an pemilih. (jr)

Komentar

News Feed