oleh

Mahasiswa FKI IAIN Watampone Berkunjung ke Bonepos

-Kampus-307 views

BONEPOS.COM, BONE – Puluhan Mahasiswa dari Forum Kajian Ilmiah (FKI) Ulul Albab IAIN Watampone, berkunjung ke kantor redaksi Bonepos, Jalan Buton, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Rabu, 25 Juli 2018 sore.

Rombongan mahasiswa dari berbagai jurusan ini untuk berdiskusi tentang seputaran jurnalistik. Hal itu dikatakan Ketua Panitia, Sulfitri saat hadir di kantor Bonepos.

BNNK BONE

“Kedatangan kami di kantor Bonepos, yang notabene merupakan media online terpopuler di Bone untuk mengetahui pola komunikasi politik dalam perspektif media, khususnya public speaking,” Kata Sulfitri.

Rombongan yang diterima Pimpinan Redaksi Bonepos, Andi Dedhy Sendhy dan Redaktur Bonepos Zainal ini pun langsung mendapatkan penjelasan mengenai mekanisme peliputan berita di Bonepos.

Dalam diskusi tersebut, para mahasiswa juga menanyakan seputar cara-cara peliputan para wartawan Bonepos di lapangan.

“Kami juga ingin mendalami jurnalistik serta wartawan itu seperti apa, dan bagaimana kiat-kiat wartawan dalam mencari berita. Hingga bagaimana sejarah Bonepos hingga ada seperti sekarang,” kata Dia.

Mendengar hal tersebut, Zaenal menjelaskan tentang kaidah jurnalistik. Hingga menjelaskan Sejarah Bonepos hadir di Bone hingga mampu eksis seperti sekarang ini.

“Berita adalah peristiwa, namun harus dibedakan fakta dan opini. Jadi, wartawan itu harus dapat menggali fakta informasi yang ada di lapangan benar atau tidak,” kata Zaenal.

Berita itu, lanjut Zainal, harus mempunyai nilai dan memiliki unsur kedekatan serta besifat edukatif, namun yang utama itu harus menjadi kontrol sosial.

“Bersifat edukatif, dan menjadi kontrol sosial. Namun, dapat juga bersifat hiburan,” jelasnya sambil menunjukkan contoh berita terbitan di laman website Bonepos.com.

Mahasiswa FKI IAIN Watampone Berkunjung ke Bonepos
Mahasiswa dari Forum Kajian Ilmiah (FKI) Ulul Albab IAIN Watampone, sedang mendengarkan paparan dari Redaktur Bonepos, ketika berkunjung dalam rangka diskusi tentang jurnalistik, Rabu, 25 Juli 2018. (BONEPOS.COM – ILHAM ISKANDAR).

Sementara itu, Andi Dedhy pada kesempatan itu menceritakan, bahwa faktor kebersamaan yang terus terjaga selama 6 tahun, membuat Bonepos bisa eksis ditengah gempuran media-media online dengan pemodal besar.

“Semuanya bersinergi saling bantu satu sama lainnya. Kita saling support dan senantiasa memberikan support kepada teman-teman bahwa kita akan besar meski tanpa pemodal di belakang kita,” kata Dedhy.

(Ilham Iskandar).

 

Komentar

News Feed