oleh

Soal TKA yang Diamankan di Bone, Begini Penjelasan Kapolres

-Bone-694 views

BONEPOS.COM, BONE – Setelah menjalani pemeriksaan selama beberapa jam, di Satuan Intelkam Polres Bone, akhirnya Warga Negara Asing (WNA) asal China yakni Zhao Yinhu,56 tahun dan Liu Yayan 36 tahun diperbolehkan pulang. Senin, 30 Juli 2018.

Kapolres Bone AKBP Kadarislam Kasim mengatakan, bahwa dari hasil pemeriksaan, WNA yang diduga Tenaga Kerja Asing (TKA) itu memang datang ke sebuah tambak udang di Desa Mallari, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone dengan maksud untuk melihat proses tambak udang di lokasi tersebut.

BNNK BONE

“Jadi tambang itu milik Yohanes, keluarga dari keduanya. Mereka ke Bone untuk melihat panen udang usaha di tambak udang milik saudara Yohannes, namun karena tertarik berinvestasi keduanya berencana tinggal hingga tanggal 5 Agustus,” ungkap Kadarislam kepada Bonepos.com.

Dijelaskan Kadarislam, bahwa sesuai dengan stempel visa di Pasport keduanya sudah kedua kalinya ke Indonesia yang pertama tanggal 5 Mei 2018 dan keluar 27 Mei 2018 dan kedua tanggal 10 Juni 2018 dan rencana akan keluar tanggal 5 Agustus 2018.

Lanjut Kadarislam, jenis visa yang digunakan adalah visa kunjungan 212 dengan peruntukan keperluan kunjungan keluarga, bisnis dan pemerintahan dan tidak untuk bekerja, sehingga sampai saat ini belum ditemukan adanya penyalahgunaan visa atau ijin tinggal yang diberikan.

“Jadi Kami sudah menyarankan kepada sponsor dan PT. Yin Jing International agar merubah visa kunjungan menjadi visa kerja apabila yang bersangkutan jadi berinvestasi di lokasi tersebut. PT. Yin Jing international merupakan perusahan yang bergerak dalam usaha cold storage di Kima Makassar,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Satuan Intelkam Polres Bone, mengamankan WNA China, yang diduga menjadi TKA dan bekerja di sebuah empang di Desa Mallari. Mereka diamankan karena diduga tidak memiliki dokumen resmi terkait keberadaannya di Bone maupun dokumen mengenai kerja.

(Ilham Iskandar).

 

Komentar

News Feed