oleh

Lihat Bendera Robek Tetap Berkibar, Anak Pramuka di Bone Galang Dana

-Bone-425 views

BONEPOS.COM, BONE – Perihatin, tiga hari jelang acara puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, kondisi bendera merah putih di Taman Makam Pahlawan “Bahagia” yang terletak di Kelurahan Awang Tangka Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone, kondisinya cukup memprihatinkan. Seperti tampak dari pantauan Bonepos.com, Selasa 14 Agustus 2018.

Bendera merah putih tersebut nampak masih tetap setia berkibar, meskipun tak utuh lagi.  Selain usang, berdera tersebut nampak terkoyak-koyak hingga kain warna merah dan putihnya nampak hampir terpisah.

BNNK BONE

Kondisi Taman Makam Pahlawan yang tidak terurus ini, tentu sangat mengiris hati dan mengetuk jiwa patriotisme siapa saja yang melihatnya.

Bendera merah putih yang telah dipertaruhkan dengan jiwa dan raga oleh para pahlawan ternyata hanya dibiarkan tetap berkibar meskipun dalam kondisi tak utuh lagi.

Ketua Pramuka Putri SMA Negeri 8 Bone, Sherina Indrianto mengaku prihatin dengan kondisi bendera merah putih yang ada di Taman Makam Pahlawan ini.

“Sebagai pemuda kami sangat perihatin sekali melihat kondisi sang saka merah putih yang tidak layak pakai, sudah usang dan robek seakan-akan tidak ada lagi yang peduli dengan bendera merah putih tersebut”

Mirisnya, lanjut Sherina, bendera tersebut masih berkibar di taman makam pahlawan hingga tiga hari menjelang HUT Republik Indonesia. Ia mengaku tak ada satu pihak pun yang peduli, padahal bendera tersebut berkibar di tempat umum.

“Jangankan warga kecil, sang aparatpun tak peduli sama sekali. Inikah yang harus diterima para Pahlwan bangsa sebagai imbalan atas jasa mereka?” keluhnya.

Merasa perihatin dengan kondisi bendera tersebut, ia bersama sejumlah anggota Pramuka Kajuara melakukan penggalangan dana sebagai salah satu bentuk penghargaan terhadap para perjuangan para pahlawan.

“Kami dari pramuka SMA Negeri 8 Bone yang sangat peduli akan hal tersebut, kami akan mengganti sang merah putih dengan bendera yang layak pakai dengan melakukan penggalangan dana” ungkapnya.

Selain kondisi bendera yang robek, kondisi taman makam pahlawan ini juga dipenuhi semak-belukar. Anggota Pramuka SMA Negeri 8 Bone akan melakukan kerja bakti pembersihan dan pembenahan di taman ini. Taman makam ini menjadi lokasi malam renungan suci dan ziarah makam pada acara puncak HUT RI.

JULFIADI

 

Komentar

News Feed