oleh

Edarkan Obat Ilegal di Sinjai, WNA Asal China Ditangkap Polisi

-Sinjai-450 views

BONEPOS.COM, SINJAI – Seorang Warga Negara Asing (WNA) berkebangsaan China, Zhan Hecheng 55, tahun, ditangkap Aparat Kepolisian Resor (Polres) Sinjai. Hal tersebut karena Zhan diduga mengedarkan obat-obatan tidak berizin atau ilegal.

Kapolres Sinjai AKBP Ardiansyah mengatakan, WNA asal Fujian China itu diamankan bersama dengan rekan wanitanya yang berkebangsaan Indonesia yakni Suklan, 58 Tahun, asal Tanjung Pandang, Kampung Sedong Bojong Herang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

BNNK BONE

“Keduanya diamankan Minggu, pukul 10:00 Wita, pagi tadi. Keduanya ditemukan sedang membawa obat dalam bentuk Pil dan Kapsul di Pulau Leang-leang, Sinjai, tanpa label BPOM,” kata Ardiansyah kepada Bonepos.com, Minggu sore.

Dijelaskannya, Zhan Hecheng bersama teman wanitanya tiba di Sinjai pada tanggal 20 Agustus 2018 dan menginap di Penginapan Suryani Jalan Pettarani dengan menggunakan kendaraan sepeda motor dari Makassar.

“Mereka sudah tiga hari melakukan transaksi jual beli obat kepada masyarakat pulau. Dimana nilainya mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Mereka mengakunya ke masyarakat kalau obat itu dari China dan harganya sangat mahal,” jelas Ardiansyah.

Namun setelah dilakukan introgasi lanjut Ardiansyah, keduanya mengaku kalau obat tersebut bukan dibeli dan berasal dari China melainkan dibeli di Jakarta dan Makassar dengan harga yang sangat murah.

“Keduanya diduga telah melakukan tindak pidana penipuan dan menyalahi UU Kesehatan. Sedangkan Zhan Hecheng sementara di koordinasikan dengan Kesbang Pol Kabupaten Sinjai untuk diantar ke Kantor Imigrasi kelas I A Makassar, guna proses lebih lanjut,” tegas Ardiansyah.

Adapun diatur dalam pasal 196 dan 197 Undang Undang Republik Indonesia No. 36 Tahun 2009 tentang kesehatan, ancaman Hukuman minimal 4 tahun dan maksimal 15 Tahun kurungan penjara.

Suparman Warium

 

Komentar

News Feed