oleh

Sidak Pangkalan Elpiji di Bone, Ini Fakta yang Ditemukan Polisi

-Bone-439 views

BONEPOS.COM, BONE – Personil unit Ekonomi, Satuan Reskrim Polres Bone, melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah pangkalan tabung gas elpiji 3 kg yang ada di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Minggu, 2 September 2018.

Sidak yang dilakukan di pangkalan elpiji di Kecamatan Dua Boccoe dan Ajangale ini, Polisi menemukan adanya pangkalan yang menjual gas elpiji 3 kg kepada konsumen diatas harga eceran tertinggi (HET) yakni Rp 15.500 per tabung.

BNNK BONE

Kapolres Bone, AKBP Kadarislam Kasim yang dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Dimana kata Dia, harga jual yang ditemukan di lapangan bervariasi dan diatas HET yakni sebesar Rp 18 ribu hingga Rp 25 ribu pertabung.

“Untuk itu tabung gas LPG 3 Kg yang dibeli melalui undercover buy bersama uang tunai diamankan dan dibawa ke Mapolres Bone untuk proses lidik lebih lanjut,” kata Kadarislam kepada Bonepos.com, Senin, 3 September 2018, baru saja.

Dijelaskan pula bahwa, fakta hasil Sidak di SPBE PT. Hastura Nazwa Utama di Taccipi Kecamatan Ulaweng, Kata Dia, suplayGas dari Pertamina tidak berkurang dari sebelumnya bahkan dengan adanya kabar kelangkaan gas LPG 3 Kg dikalangan masyarakat, pihak SPBE meminta penambahan.

“Pertamina dan hal ini telah dipenuhi oleh pihak pertamina yang sebelumnya sekitar 17.000 tabung perhari menjadi sekitar 21.000 tabung perhari yang semuanya disalurkan/didistribusikan kepada 8 Agen setiap hari,” ungkapnya.

Menurut pihak SPBE, lanjut Kadarislam, tidak ada kelangkaan gas LPG 3 di Agen dan pangkalan karena suplay tidak berkurang bahkan bertambah. Kelangkaan menurut SPBE disebabkan meningkatnya kebutuhan masyarakat

“Peningkatan ini disebabkan adanya beberapa masyarakat menggunakan tabung gas LPG 3 kg bukan hanya untuk keperluan rumah tangga melainkan digunakan untuk keperluan pertanian dan sebagian ada digunakan untuk keperluan usaha,” jelasnya.

Sementara itu, terkait harga jual HET, lanjut Dia, pihaknya akan melakukan sosialisasi di beberapa tempat dan menyampaikan bahwa perbuatan tersebut merupakan pelanggaran hukum dan dihimbau untuk tidak mengulangi perbuatannya.

Iwan Taruna

 

Komentar

News Feed