oleh

Diknas Bone; 168 Eks Guru K2 Bone Dibawah 35 Tahun

-Bone-477 views

BONEPOS.COM, BONE – Dinas Pendidikan Kabupaten Bone mencatat 168 guru eks kategori II yang berumur dibawah 35 tahun yang tersebar di sejumlah sekolah. Angka itu mengalami penurunan dari total sisa jumlah kategori II sebanyak 700 orang yang pernah mengikuti seleksi CPNS pada tahun 2013 lalu.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bone, Nursalam mengatakan hasil pengecekan data dan sinkronisasi dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bone, data 168 guru eks K2 itu sudah final dan terinventarisir.

BNNK BONE

Bahkan data tersebut sudah lama berada di Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (KemenPAN).

“Data ini sudah terkumpul sejak tahun 2013 di KemenPAN,” ujar Nursalam kepada Bonepos.com, melalui via ponselnya, Senin, 10 September 2018.

Terkait data 168 guru eks kategori II tersebut, Nursalam menjamin keabsahan dan data valid. Bahkan, rumor jika beredar adalah data siluman, agar bisa melakukan pengecekan kebenarannya.

“Bagaimana mau dikatakan siluman, padahal data ini sudah ada di KemenPAN. Apalagi ada data pembanding di BKD” tegasnya.

Menanggapi banyaknya guru eks kategori II berusia 35 tahun ke atas yang tidak terakomodasi dalam seleksi CPNS jalur khusus ini, Nursalam mengaku tidak bisa berbuat apa apa karena diatur dalam regulasi KemenPAN.

“Maunya kita berharap semua guru eks kategori II ini, tapi kita diatur oleh regulasi. Kalau mau dirubah, hanya di KemenPAN saja,” tambahnya.

Berdasarkan data Bonepos.com. Dari 168 eks guru kategori II berumur dibawah 35 tahun ini, terdapat jatah dua formasi alami kekosongan. pasalnya, pemerintah Kabupaten Bone membuka jalur khusus CPNS bagi guru eks kategori II dengan kuota 170.

Sekretaris Daerah Andi Surya Darma memaparkan jumlah formasi untuk Kabupaten Bone total formasi yang dibutuhkan untuk lingkup Bone sebanyak 272 sesuai dengan Keputusan Kemenpan Nomor 452 Tahun 2018 tentanf Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Ada 272 yang dibutuhkan, itu berdasarkan keputusan dari Kemenpan Nomor 452 Tahun 2018,” ungkap Andi Surya Darma

Dia juga menjelaskan bahwa dari 272 yang dibutuhkan akan dibagi 170. Untuk formasi jalur khusus untuk guru Eks Kategori II yang tidak lulus ditahun 2013, untuk jalur umum ada 50 untuk tenaga kesehatan dan 52 untuk tenaga tekhnis lainnya.

“Syarat utama untuk Eks Kategori II harus berumur maksimal 35 Tahun di Bulan Agustus 2018 dan S1 pada bulan November 2013,” katanya.

 

Komentar

News Feed