oleh

Pekerja Tambang Galian C di Bone Tewas Tertimbun Tanah

-Bone-554 views

BONEPOS.COM, BONE – Naco Bin Sali, seorang pekerja tambang galian C di Desa Usa, Kecamatan Palakka, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, tewas tertimbun tanah di lokasi tambang.

Informasi yang dihimpun Bonepos.com, peristiwa yang merenggut nyawa pria 75 tahun itu terjadi pada Rabu, 12 September 2018, sekira pukul 17.00 WITA sore kemarin.

BNNK BONE

Menurut keterangan saksi Edi Kurniawan yang ditemui di lokasi kajadian, Kamis, 13 September 2018 mengatakan saat itu Dia bersama Naco sedang menaikan material ke baket eskavator.

“Saat itu tiba-tiba tanah di belakang Naco longsor, dan saat itu Naco langsung tertimbun setengah badan dari pinggul hingga kaki dan setengah badannya lagi terjepit baket eskapator,” Kata Edi.

Lanjut Edi, seketika itu juga pekerja lainnya yang menyaksikan kejadian itu langsung melakukan evakuasi terhadap korban dan membawanya ke Puskesmas setempat.

“Sekitar pukul 05.00 Wita dini hari tadi, korban dirujuk ke rumah Sakit Hafsah, karena kondisinya semakin kritis. Namun nahas nyawa korban tidak berhasil diselamatkan,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Palakka AKP Andi Bashar yang dikonfirmasi, membenarkan peristiwa tersebut. Menurutnya, pihaknya sudah melakukan olah TKP dan memasang Police Line di lokasi tersebut.

“Tindakan yang kami lakukan kami memasangi Police Line di area lokasi serta alat berat yang digunakan, dan untuk sementara dialarang untuk melakukan aktivitas,” Kata AKP Bashar

Lanjut AKP Bashar, bahwa tambang C galian ini milik H. Deng Makkelo, PT. Harvana Halim Indah itu sudah sudah beroperasi sejak 2015 lalu dan kuat dugaan tidak memiliki izin operasi.

“Sekitar 30 lebih warga sekitar yang juga tidak sepakat dengan tambang galian ini, dan mereka sudah membuat pernyataan menolak, kami baru terima surat itu kemarin,” jelasnya.

Penulis : Iwan Taruna

Komentar

News Feed