oleh

Opini: Menakar Partisipasi Penyandang Disabilitas pada Pemilu 2019

-Opini-213 views

Oleh: Akbar
*Dosen STIE Lamaddukelleng Sengkang Wajo

BONEPOS.COM Indonesia sebagai negara demokrasi menjadikan pemilihan umum (Pemilu) sebagai lambang sekaligus tolak ukur dari demokrasi sebagai manifestasi kedaulatan rakyat.

BNNK BONE

Pelaksanaan kedaulatan rakyat yang diselenggarakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Sejak tanggal 9 Desember  tahun 2015, pemerintah menggelar pemilihan kepala daerah secara serentak untuk yang pertama kalinya di 264 daerah yang terdiri dari 8 Provinsi, 1222 Kabupaten dan 34 Kota di seluruh Indonesia.

Hak Politik Penyandang Disabilitas

Kehadiran pilkada serentak tersebut merupakan sarana penguatan konsolidasi demokrasi lokal secara umum di Indonesia. Partisipasi kaum penyandang disabilitas menjadi salah satu penopang kesuksesan penyelenggaraan pemilu yang merupakan bagian dari warga lokal dan membutuhkan perhatian khusus dari para pemerintah dan para penyelenggara pemilu.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa penyandang disabilitas merupakan segmen strategis dalam kehidupan demokrasi Indonesia. Dengan demikian hak-hak penyandang disabilitas telah teratifikasi dalam Undang-Undang No. 19 tahun 2011. Mengatur tentang pengesahan ‘Convention On the Right Person With Disabilities’.

Meskipun dalam praktik demokrasi penyandang disabilitas sering kali mengalami kendala dan masalah dalam menggunakan hak-hak pilihnya. Padahal dalam regulasi telah telah terelaborasi dengan jelas mengenai peraturan pemenuhan hak dan partisipasi kaum penyandang disabilitas dalam politik, akan tetapi pada kenyataannya hak-hak penyandang disabilitas masih saja terbaikan.

Salah satu faktor utama penyebab pasang-surutnya partisipasi penyandang disabilitas dalam pemilu terletak pada proses dan efisiensi pendataan yang dilakukan oleh petugas terhadap penyandang disabilitas yang diperhadapkan dengan banyak kesulitan yang disebabkan oleh minimnya pengetahuan dan pengalaman dalam memahami kondisi psikologi kaum penyandang disabilitas.

Komentar

News Feed