oleh

Aliansi Pemuda Desa Arasoe Keluhkan Pabrik Gula Arasoe

-Bone-578 views

BONEPOS.COM, BONE – Warga Desa Arasoe, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Desa Arasoe mengeluhkan aktifitas pabrik yang sudah beroperasi sejak 15 Oktober 1975 silam.

Salah satu inisiator Aliansi Pemuda Desa Arasoe,  Muhammad Taufiq   mengatakan bahwa keberadaan pabrik gula tersebut tidak mampu meningkatkan perekonomian rakyat sekitar. Padahal keberadaan industri diharapkan dapat memberi kontribusi dalam hal penyediaan lapangan kerja dan dapat menumbuhkan perekonomian daerah.

BNNK BONE

“Kami mempertanyakan sumbangsi pabrik tersebut untuk masyarakat sekitar, karena sejak berdirinya hingga sekarang, kondisi perekonomian masyarakat sekitar tidak meningkat, masih banyak anak muda sekitar pabrik yang menganggur,”ujar Muhammad Taufiq kepada Bonepos.com Kamis 20 September 2018

Pemuda yang akrab disapa Opiq ini menambahkan bahwa warga sekitar setiap harinya hanya mendapat siraman asap hitam dan debu akibat arus kendaraan angkutan tebu serta bau busuk dari limbah pabrik.

“Setiap hari warga harus berjuang melawan asap dan bau busuk yang disebabkan aktifitas pabrik tersebut. Kami tidak pernah merasakan manisnya pabrik gula tersebut, kami hanya kebagian pahitnya,”keluhnya.

Opiq yang juga merupakan salah satu inisiator Aliansi Pemuda Arasoe mengharapkan agar ada perhatian serius dari pihak manajemen kepada warga sekitar.

“Saya hanya berharap agar pihak pabrik memperhatikan kami, banyak warga yang sudah sesak bernafas dengan asap hitam tebal dari cerobong pabrik, sejak pabrik ini beroperasi. Perhatian itu bisa berbentuk CSR atau bantuan lain, bisa juga dengan mempekerjakan warga sekitar. Yang paling penting adalah memberi kemudahan kepada warga untuk memeriksakan kesehatan di puskesmas atau klinik milik perusahaan,”tambahnya

Disamping itu warga juga berharap agar pemerintah setempat berani memberi sanksi jika perusahaan tersebut terbukti merusak lingkungan.

Penulis : Iwan Taruna

Komentar

News Feed