oleh

Dukung TMMD, Pemkab Gowa Alokasikan Dana Rp 1,527 Miliar

-Gowa-106 views

BONEPOS.COM, GOWA – Pemerintah Kabupaten Gowa mempunyai komitmen dalam mensejahterakan masyarakat Kabupaten Gowa, salah satunya dengan mendukung program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang mengalokasikan dana sebesar Rp 1.527.311.000 miliar.

Hal itu dibeberkan langsung Dandim 1409 Gowa, Nur Subekhi saat melaporkan kesiapan pelaksanaan TMMD pada Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103, yang mengangkat tema Dengan Semangat Sinergitas kita Tingkatkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Guna Percepatan Pembangunan di Daerah dalam Rangja Menjaga Keutuhan Wilayah NKRI, di Kelurahan Malakaji Tompobulu, Senin (15/10).

BNNK BONE

Ia mengungkapkan, dana tersebut dibagi dalam dua sasaran yakni sasaran fisik dan non fisik.

“Sasaran fisik atau pembangunan itu sebanyak Rp 1.497.311.000, sedangkan non fisik Rp 30.000.000, jadi total seluruhnya Rp 1.527.311.000, selain itu kami juga mendapatkan anggaran dari TNI sebesar Rp 368.500.000 juta yang diperuntukkan sebagai operasional satgas TMMD selama kegiatan,” bebernya.

Adapun sasaran fisik, kata Subekhi meliputi sepuluh pembangunan fisik, dimana lima diantaranya pembuatan saluran irigasi, tiga peningkatan jalan lingkungan atau paving blok, pengecoran jalan, hingga pembuatan rumah pompa dan pompa air.

Sementara untuk sasaran non fisik meliputi penyuluhan-penyuluhan seperti bela negara, pelestarian hutan lindung, pertanian, kesehatan dan KB, radikalisme dan isis, serta hukum.

“Semua sasaran itu baik fisik maupun non fisik kita sebar di empat kecamatan dataran tinggi yakni Kecamatan Biringbuli, Tompobulu, Bontolempangan, dan Bungaya,” jelasnya.

Ditempat yang sama Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, saat menjadi inspektur mengaku sangat mendukung program tersebut, pasalnya ia merasa TNI Manunggal membantunya dalam memanjukan Kabupaten Gowa.

Ia mengatakan, pembangunan wilayah desa merupakan realisasi kebijakan yang ingin mewujudkan kestabilan dan kemajuan Kabupaten Gowa secara keseluruhan. “Melalui pembangunan ini yang dibantu oleh TNI Manunggal, potensi di pedesaan kita kembangkan supaya mencapai pemerataan, pertumbuhan serta kemandirian desa secara berkelanjutan,” ujarnya orang nomor satu di Gowa ini.

Menurut Adnan, Pemkab Gowa selalu memberikan ruang terhadap program TNI apalagi dalam membantu pembangunan di Kabupaten Gowa.

“Keberhasilan yang diraih oleh Kabupaten Gowa hingga saat ini tidak lepas dari bantuan TNI, terutama dalam membantu menjaga keamanan di Kabupatem Gowa,” katanya dihadapan peserta upacara.

Olehnya Bupati termuda se Kawasan Timur Indinesia itu menghimbau kepada masyarakatnya agar membantu seluruh satgas TMMD ini, sehingga bisa berjalan lancar.

“Saya harap masyarakat Kabupaten Gowa memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan TMMD ini, dan yang perlu diingat kami selalu siap jika Gowa menjadi lokasi TMMD lagi,” harap Adnan.

Dipenghujung amanahnya Adnan taklupa mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada TNI Polri beserta jajarannya dengan harapan TMMD bisa berjalan lancar dan sukses.

Sekadar diketahui TMMD ini akan berjalan selama 34 hari yang terhitung mulai hari ini sampai November mendatang, dan menurunkan 150 satgas meliputi Korem 141 Toddopuli 22 orang, Kodim 1409 Gowa 55 orang, Yonkav 10 20 orang, Lantamal VI Makassar dan Koops AU II Makassar masing-masing 10 orang, Polres Gowa 17 orang dan Pemda 16 orang, serta masyarakat 178 orang/hari.

Turut hadir Danrindam XIV Hasanuddin, Kasrem 141 Toddopuli, Wakil Bupati Gowa, Wakapolres Gowa, dan Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa.

Diakhir kegiatan Adnan beserta rombongan meninjau puskesmas dan beberapa lokasi pembangunan yang disasar oleh TMMD ini.

Ahmad Rusli

Komentar

News Feed