oleh

Enam Desa di Tellu Siattinge Gelar Musrenbang RKPDes Serentak

-Bone-302 views

BONEPOS.COM, BONE – Sebanyak Enam Desa di Kecamatan Tellu Siattinge, Kabupaten Bone yakni Desa Lappae, Desa Ulo, Desa Sijelling, Desa Patangnga, Desa Itterung dan Desa Mattoanging serentak menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes). Senin 22 Oktober 2018.

Musrembangdes yang bertujuan untuk menetapkan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2019 ini dirangkaikan dengan kegiatan sosialisasi Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa.

BNNK BONE

Kegiatan musrenbang desa tersebut dihadiri Camat Tellu Siattinge H. Suwanda, Kasi PMD H. Andi Murni, Kasi Pemerintahan H. Andi Aman, Babinkamtibmas, Babinsa dan Tim Fasilitator dari Pendamping Desa yang terbagi menjadi tiga tim.

Camat Tellu Siattinge H. Andi Suwanda mengatakan bahwa kegiatan musrembang penetapan RKPDes merupakan agenda tahunan pemerintah desa untuk menetapkan skala prioritas program desa baik yang akan didanai oleh dana desa maupun usulan kegiatan desa yang akan diusulkan musrenbang kecamatan.

“RKPDes adalah perencanaan satu tahun yang menjadi acuan bagi pemerintah desa untuk menyusun APBDes dan pelaksanaannya wajib dilaksanakan masing-masing kepala desa bersama BPD yang dihadiri perwakilan masyarakat,” jelasnya

Sementara itu, Dedi Hamzah selaku pendamping desa di Kecamatan Tellu Siattinge mengatakan, kegiatan musrenbang desa sangat penting keterlibatan unsur masyarakat termasuk perwakilan kelompok masyarakat miskin, disabilitas dan kelompok perempuan.

“Pengambilan kebijakan strategis ditingkat desa perlu dirumuskan bersama-sama antara Kepala Desa dan BPD serta keterlibatan unsur masyarakat. Harapan kami bahwa kualitas program pemerintah desa disemua bidang memang dibutuhkan oleh masyarakat,” ungkapnya.

Dijelaskannnya lagi musrebang desa tersebut alan berlangsung selama tiga hari untuk lima belas desa yang ada di kecamatan Tellu Siattinge.

Penulis: Ilham Iskandar

 

Komentar

News Feed