oleh

Gelar Diskusi Publik, ARIP Ajak Warga Perangi Hoax

-Bone-246 views

BONEPOS.COM, BONE – Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar, Andi Rio Idris Padjalangi bersama Kominfo gelar diskusi publik di Hotel Grand Arta, Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Rabu 24 Oktober 2018.

Diskusi publik yang bertemakan “Menjadi Generasi Muda Cerdas Di Era Perkembangan Tekonologi dan Informasi” dihadiri Akademisi IAIN Bone Andi Sugirman, Latifah Hanum dari Kominfo, Pembicara dari Anggota DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi, dan dipandu oleh moderator M.Sobari staf ahli DPR RI.

BNNK BONE

Andi Rio Idris Padjalangi kepada Bonepos.com mengatakan bahwa populasi pengguna internet di Indonesia terbilang cukup banyak mencapai 82 Juta orang dan berada pada peringkat 8 dunia. Penggunaan internet tersebut ditujukan untuk berbagai macam kepentingan seperti kebutuhan edukasi, pencarian informasi atau bahkan hanya sekedar bersenang-senang.

“Tentunya kemajuan teknologi seperti saat ini kita rasakan, bukan hanya memberikan dampak positif namun ada juga dampak negatif, maka dari itu masyarakat dituntut untuk lebih bijaksana dalam menggukan internet. Terlebih dalam menggunakan sosial media baik itu Twitter, Facebook, dan WhatsApp yang membutuhkan filterisasi dengan baik,”kata Andi Rio Idris Padjalangi

Lebih jauh dia juga memaparkan bahwa di Indonesia sudah mengeluarkan landasan hukum mengenai perlindungan Internet seperti Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 yang direvisi menjadi Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dan Undang-Undang Nomor 25 Tahun Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

“Selain dari itu ada juga badan Siber dan Sandi Negara yang dapat menjadi garda terdepan dalam melawan penyebaran informasi yang menyesatkan. Dalam mendukung usaha pemerintah Indonesia dalam memerangi penyebaran berita Hoax, dewan Pers juga melakukan verifikasi sejumlah perusahaan Pers dengan menerbitkan QR Code untuk mengidentifikasi sebuah validitas informasi,”ungkap sosok murah senyum ini yang akrab disapa ARIP.

Penulis : Iwan Taruna

Komentar

News Feed