oleh

Lagi, Danny Pomanto Terima Penghargaan Makassar Kota Inovasi Sanitasi Terbaik

BONEPOS.COM, MAKASSAR– Kota Makassar dianugerahi Smart Sanitation Award kategori Inovasi Sanitasi Terbaik peringkat 1 pada acara City Sanitation Summit (CSS) ke-28, di Jambi, Kamis (25/10/2018).

Dalam kesempatan penganugerahan penghargaan tersebut, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi pemerintah daerah dalam hal sanitasi. Salah satunya adalah dengan hadirnya UU No.23 tahun 2014 yang mengatur kewenangan pemerintah daerah.

BNNK BONE

Undang-undang tersebut mengamanahkan bahwa sepanjang pesisir itu sudah menjadi kewenangan provinsi, kota/kabupaten yang memiliki pantai (water front) tentunya memiliki kesulitan tersendiri apalagi jika terdapat muara sungai atau muara kanal.

“Sekarang bukan menjadi kewenangan kabupaten kota. Sehingga pada akhirnya semua tentang kecaman akibat tidak terpeliharanya sistim drainase mulai dari muara kanal, maupun muara sungai yang kemudian akan mengotori pantai. Masyarakat tidak mengenal bahwa itu bukan menjadi bahagian dari tanggung jawab kota maupun kabupaten,” jelasnya.

Ia mencontohkan Makassar dengan water front pantai losari yang saat ini menjadi otoritas pemerintah provinsi Sulawesi Selatan. Jika tidak di-handling dengan baik dan menjadi kotor, masyarakat tidak pernah mau tahu urusan siapa, yang mereka tahu wali kota harus bertanggung jawab.

“Inilah yang kami alami dan dialami hampir semua kabupaten kota. Maka satu hal yang menjadi deklarasi Makassar tahun lalu adalah beri pelimpahan kewenangan kepada kabupaten kota untuk mengelola pesisir, muara-muara sungai, sungai dan kanal-kanal besar yang bukan otoritas pemerintah kota diserahkan ke pemerintah kota,” paparnya.

Menurut Danny, keberhasilan pemerintah Kabupaten dan Kota bisa dilihat tidak hanya pengelolaan pemerintah daerah dari tampak depan melainkan dari pengelolaan sanitasi.

“Yang kita rumuskan di sini (CSS), kepemimpinan daerah terhadap sanitasi. Kita mencoba adaptasi dan leadership mengenai sanitasi, apa tindakan nyata kepala daerah,” jelasnya.

Ahmad

Komentar

News Feed