oleh

Pemkab Sinjai Anggarkan Rp 6 Miliar Sambungan 2.000 Pelanggan PDAM Berpenghasilan Rendah

-Sinjai-188 views

BONEPOS.COM, SINJAI — Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa menghadiri Lokakarya Peminatan Program Hibah Air Minum Perkotaan Tahun 2019, bertempat di Kirana Ball Room Hotel Kartika Chandra Jakarta, Kamis, (01/11/2018).

Lokakarya tersebut dibuka secara resmi oleh Direktur Jendral Cipta Karya Kementerian PU PR RI Danis H Sumadilaga. Dalam sambutannya, Danis H Sumadilaga menjelaskan bahwa persentase pelayanan air minum yang layak di Indonesia adalah 72% sementara persentase sanitasi 67%. Menurutnya, sanitasi adalah hak paling mendasar bagi rakyat Indonesia sebagai suatu upaya untuk menjamin ketersediaan air bersih. Hal inilah yang menjadi dasar pelaksanaan program hibah air minum.

BNNK BONE

Sementara itu, Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa yang hadir didampingi oleh Ketua DPRD Sinjai, Kepala BPKAD Sinjai, serta Direktur PDAM sinjai menjelaskan bahwa Tahun 2019, pemerintah akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui ketersediaan infrastruktur dasar dan pelayanan air minum.

Untuk itu, pemerintah Kabupaten mengusulkan 6 milyar untuk 2000 sambungan rumah (SR) bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan biaya pemasangannya jauh lebih murah dari biaya sambungan reguler dari PDAM selama ini, bahkan beliau menekankan bahwa Pemkab akan menggratiskan pemakaian air selama 2 bulan pertama bagi MBR.
Bagi MBR penerima hibah, Kementerian PUPR juga menyiapkan kriteria penerima manfaat, yaitu memiliki daya listrik yang terpasang di rumah tidak lebih besar dari 1.300 VA dan 50 persen diantara target penerima memiliki daya listrik 900 VA, menyesuaikan dengan kriteria kondisi rumah dan propertinya, serta bersedia menjadi pelanggan PDAM.

Hadir pula dalam lokakarya tersebut Direktur Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Agus Ahyar, Direktur Jendral Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Astera Primanto Bhakti, para Bupati, Walikota, serta Ketua DPRD se Indonesia.

Suparman warium

Komentar

News Feed