oleh

Wabup Sinjai Buka Renja Monev Perangkat Daerah dan Triwulan III

-Sinjai-165 views

BONEPOS.COM, SINJAI — Wakil Bupati Sinjai, Hj.Andi Kartini Ottong, membuka acara Rapat Monitoring Evaluasi Renja Perangkat Daerah dan Pelaksanaan DAK Triwulan III yang dirangkaikan dengan Kunjungan Kerja (reses) Anggota DPR RI, DR.Ajiep Padindang. Acara ini berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Jumat (2/11).

Ketua Panitia yang juga Kepala BAPPEDA Sinjai, A.Ilham Abu Bakar, dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan monitoring dan evaluasi Dokumen Rencana Kerja (Renja) Perangkat daerah adalah untuk mengevaluasi capaian kinerja kegiatan OPD baik yang bersifat fisik maupun non fisik hingga Triwulan III Tahun Anggaran 2018. Melalui monev ini juga kita dapat mengetahui kendala-kendala yang dihadapi masing-masing perangkat daerah dan upaya yang telah ditempuh untuk mengatasi kendala tersebut.

BNNK BONE

“Renja Perangkat daerah sebagai dokumen perencanaan tahunan bagi Perangkat Daerah senantiasa perlu untuk dievaluasi pencapaiannya karena juga menjadi bagian dari evaluasi Renstra maupun perencanaan jangka menengah daerah,” ujarnya.

Adapun perencanaan tahunan daerah yang sedang dilaksanakan pada hari ini adalah tahapan terakhir dari RPJMD periode 2013-2018 yang akan berakhir tahun ini juga. Hasil dari evaluasi kita terhadap RPJMD yang telah berakhir ini kemudian menjadi bahan kita dalam penyusunan RPJMD periode 2018-2023 yang sementara disusun. Hasil evaluasi yang peroleh akan menjadi kinerja awal RPJMD atau menjadi acuan dalam memasang target ke depan. Begitu pun dengan berbagai kebijakan program kegiatan yang telah dilaksanakan sepanjang lima tahun terakhir, melalui evaluasi juga dapat dinilai efektifitas dan efisiensinya agar kita dapat merumuskan program kegiatan yang lebih baik ke depannya.

Apabila ditinjau dari segi keuangan, maka dari total belanja langsung pada ABPD sebesar 535,6 milyar lebih, telah terealisasi sebesar 302,8 milyar atau sekitar 61,05%. Belanja langsung ini dilaksanakan tersebar pada seluruh perangkat daerah.

SUPARMAN WARIUM

Komentar

News Feed