oleh

Ini Akibatnya Jika HP dalam Kondisi Aktif Saat Berada di Pesawat

BONEPOS.COM –  Ponsel harus dinonaktifkan saat berada di dalam pesawat. Pertanyaan yang melintas di pikiran kita saat disuruh mematikan ponsel dan peralatan elektronik lain adalah, “Bagaimana jika saya tidak mematikan barang tersebut?”

Bisa jadi tidak terjadi apa-apa.

Tapi tahukah, penggunaan ponsel, tablet, atau gadget sebagai penerima radio dalam ponsel bisa mengganggu perangkat elektronik pesawat yang sangat sensitif.
 
Bahkan saat Anda tidak menggunakan ponsel, gadget tetap akan mencari sinyal, dan kemungkinan frekuensi sinyal dalam ponsel bisa tumpang tindih dengan peralatan pesawat.
 
Keadaan take off dan landing adalah ‘masa kritis’ saat penerbangan. Pilot akan membutuhkan koordinasi dengan pusat kendali penerbangan di darat. Semua ini dilakukan dengan menggunakan sistem navigasi pesawat.
Jika para penumpang tidak mematikan ponsel mereka, ini bisa menyebabkan gangguan komunikasi radio, dan kemungkinan pilot untuk tidak mendengar informasi yang dikirimkan oleh pengawas lalu lintas pesawat.
“Sebenarnya semua tergantung pada jenis gadget yang digunakan. Apakah ponsel bisa mengganggu komunikasi? Jawabannya bisa. Meski kemungkinan besar ponsel tidak secara ekstrim bisa membuat pesawat jatuh, namun gangguan lebih pada komunikasi radio pilot,” ujar Patrick Smith seorang pilot yang juga penulis buku ‘Cockpit Confidential seperti dilansir Telegraph.
Ia mengatakan perangkat elektronik di pesawat punya pelindung khusus yang bisa mengurangi efek buruk dari ponsel. Meski tidak ada data pasti berapa banyak pesawat yang terganggu oleh keberadaan sinyal ponsel, namun Smith mengatakan ada baiknya Anda mengikuti peraturan yang diberikan.
“Kita tidak pernah tahu musibah,” ujarnya.
“Sebenanya memang bukan hal yang kritis, tapi sangat menggangu. Itu seperti polusi udara,” tulis airlinesupdate.net.
Perdebatan peraturan yang memperbolehkan penumpang menggunakan bahkan melakukan panggilan telepon di pesawat pun masih menjadi kontroversi. Banyak yang menilai penggunaan ponsel di pesawat bisa sangat menggangu, namun ada juga yang menganggap gangguan ponsel tidak seberapa.
Beberapa ponsel aktif di dalam pesawat mungkin tidak berakibat fatal. Namun ada baiknya jika para penumpang juga mengikuti aturan yang dibuat demi keselamatan bersama.
Editor : Nur Atika Pratiwi

Komentar

News Feed