oleh

Petani Tebu di Bone Keluhkan Rendahnya Harga Gula

BONEPOS.COM, BONE – Petani tebu rakyat PG Camming, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan mengeluhkan harga gula yang terus turun dan saat ini hanya dihargai Rp 10 ribu per kilogramnya.

Sejumlah petani tebu mengeluhkan harga gula yang menurun. Saat ini, harga gula di tingkat petani hanya Rp 9.000 perkilogram.

BNNK BONE

Andi Saleng, salah satu petani tebu asal Kecamatan Patimpeng, Kabupaten Bone, mengatakan, harga tersebut dinilai tidak sepadan dengan modal tanam saat ini.

“Kalau harga segitu kami rugi, modalnya tidak tertutup,” kata Andi Saleng saat ditemui bonepos di Unit PG Camming, Kecamatan Libureng, Minggu, 4 November 2018.

Saat ini, kata Dia para petani sudah memasuki periode tebang, truk angkutan tebu dari petani rakyat sudah siap digiling.

Bahkan, lanjut Dia, saat ini sudah ada gula petani yang di produksi, namun para petani enggan melepas kepasaran, jika Pemerintah belum menaikkan harga gula.

“Kami berharap harga gula yang saat ini Rp. 10.000/kg bisa ada harga baru diatas harga Rp. 10.000, sedangkan penawaran hanya Rp 8.700,” harapnya.

Sementara itu, pantauan bonepos, sejumlah truk bermuatan tebu tampak memasuki Unit PG Camming. Truk itu mengangkut tebu hasil panen para petani dari sejumlah wilayah di Kabupaten Bone.

Selanjutnya, tebu-tebu itu akan digiling di Unit PG Camming untuk diolah menjadi gula.

Penulis: Amry Amas

Komentar

News Feed