oleh

Siaga Bencana, Yuk Prepare Bug Out Bag di Rumah

BONEPOS.COM – Indonesia merupakan negara yang paling rawan terhadap bencana di dunia, hal ini berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Strategi Internasional Pengurangan Risiko Bencana (UN-ISDR).

Tingginya posisi Indonesia ini dihitung dari jumlah manusia yang terancam risiko kehilangan nyawa bila bencana alam terjadi.

BNNK BONE

Indonesia menduduki peringkat tertinggi untuk ancaman bahaya tsunami, tanah longsor, dan gunung berapi. Indonesia juga menduduki peringkat tiga untuk ancaman gempa serta peringkat enam untuk banjir.

Dengan kondisi seperti itu, masyarakat Indonesia harus melakukan tindakan antisipatif, salah satunya dengan menyiapkan bug out bag alias tas darurat.

Bug out bag ini berfungsi untuk persediaan bekal selama harus mengungsi saat terjadi kondisi darurat.

Apa saja isi dari bug out bag?

Ada beberapa kategori benda penting yang wajib ada dalam bug out bag. Dikutip dari Artofmanliness.com, ada 10 kategori benda penting yang harus disiapkan. Apa saja? Berikut daftarnya!

1. Air Minum

Dalam sehari, kita mungkin akan membutuhkan air minum hingga 1 liter banyaknya.

Jadi, untuk bertahan hidup selama 3 hari, kita butuh setidaknya 3 liter air minum yang disimpan dalam wadah tahan banting mengingat kita tidak tahu kondisi darurat apa yang akan menimpa.

2. Makanan

Meskipun manusia sebetulnya bisa tetap hidup tanpa makan selama tiga hari, tapi rasanya tidak akan mudah karena kita tetap butuh energi untuk bergerak.

Untuk kondisi darurat, sediakan makanan kaleng dan camilan yang punya jangka waktu kedaluwarsa panjang.

Siapkan juga sumber karbohidrat yang mudah dimasak, seperti mi instan. Jangan lupakan juga peralatan masak dan makan.

3. Keperluan Berlindung

Keperluan berlindung termasuk di dalamnya pakaian, sepatu, jaket, selimut, sleeping bag, handuk, jas hujan/ponco, dan tenda.

Dalam kondisi darurat, kita sendiri belum tentu mendapat tempat di penampungan karena banyak orang lain juga yang membutuhkan. Jadi, sebaiknya kita menyiapkan keperluan berlindung sendiri.

4. Api

Api sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan darurat. Mulai dari penerangan, penghangat, untuk memasakan, dan yang lainnya.

Jadi, jangan lupa siapkan peralatan untuk menyalakan api, seperti korek api, cricket, minyak tanah, dan arang.

5. Kotak P3K

Kotak P3K sangat dibutuhkan dalam kondisi darurat. Karena itu juga, kotak P3K harus dipersiapkan dengan baik jangan asal-asalnya.

Alih-alih membeli kotak P3K jadi yang isinya tidak jelas, lebih baik kita menyiapkannya sendiri.

Pastikan obat-obatan dasar, plester berbagai ukuran, kasa steril, cairan antiseptik, balsam, dan obat-obat penting sesuai dengan kebutuhan kita.

6. Peralatan

Peralatan paling penting yang harus disiapkan adalah pisau. Pisau lipat untuk perlengkapan camping bisa jadi pilihan.

7. Alat Penerangan

Alat penerangan wajib kita siapkan. Siapkan minimal satu senter besar dengan baterai penuh, lilin yang tahan lama, dan senter-senter kecil untuk dibawa-bawa.

8. Alat Komunikasi dan Dokumen

Ponsel dengan baterai full harus kita siapkan. Simpan ponsel dalam keadaan mati dan pilih ponsel yang tahan banting, tidak perlu smartphone.

Siapkan juga peta serta dokumen penting, seperti akta kelahiran, kartu keluarga, ijazah, transkrip, dan yang lainnya.

Jangan lupa untuk menyimpan dokumen dalam bentuk digital. Scan semua dokumen tersebut dan masukkan ke dalam satu flashdisk. Jika perlu, unggah juga ke cloud demi keamanan.

9. Alat Perlindungan

Kita tidak tahu kondisi darurat nanti seperti apa, jadi selalu siapkan alat perlindungan. Siapkan pisau lipat, semprotan merica, dan alat setrum untuk perlindungan diri.

10. Benda Lainnya

Benda lain yang perlu disiapkan adalah uang tunai, baterai cadangan, peluit, alat tulis, peralatan menjahit, sabun, hand sanitizer, dan yang lainnya.

Siapkan juga semua kebutuhan dasar Si Kecil, seperti popok, rash creamointment, obat, dan yang lainnya. Siapkan juga mainan, buku bacaan, dan jajanan.

Apa saja yang harus diperhatikan saat menyiapkan bug out bag?

Karena bug out bag berisi obat-obatan dan kebutuhan pangan yang punya masa kedaluwarsa, sebaiknya hal ini jadi perhatian. Moms harus melakukan pencatatan sebelum memasukkannya ke dalam tas.

Lakukan juga pengecekan dan penggantian untuk barang-barang di dalam bug out bagyang sudah kedaluwarsa setidaknya setahun sekali.

Jangan sampai, dalam kondisi darurat, ternyata barang-barang yang kita siapkan malah sudah kedaluwarsa dan malah jadi pemicu penyakit.

Itulah beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang bug out bag. Ingat, kita harus sedia payung sebelum hujan ya Moms. Selamat mencoba!

Editor : Nur Atika Pratiwi

Komentar

News Feed