BPI warning MK Bubarkan Partai Darurat Narkoba

Mahkamah Konstitusi - BONEPOS.COM/INT

BONEPOS.COM, JAKARTA - Polemik banyaknya politisi dari kader Partai Nasdem tersangkut kasus narkoba jadi perhatian serius publik.

Direktur Eksekutif Bimata Politica Indonesia (BPI), Panji Nugraha turut angkat bicara mengenai maraknya kasus narkoba yang menimpa kader Partai Nasdem.

Menurut Panji, Partai politik dinilai tak boleh membahayakan eksistensi, dan keutuhan bangsa. Sebabnya, partai politik adalah pilar demokrasi yang penting, serta merupakan cermin laboraotorium denyut bangsa.

"Sidang perkara pembubaran parpol bisa dilaksanakan jika ada permintaan dari pemerintah menurut Pasal 68 UU MK dan Peraturan MK No 12 Tahun 2014 yang memiliki legal standing untuk mengajukan perkara pembubaran parpol," tegas Panji.

Panji menambahkan, keberadaan partai yang memiliki sederet kader narkoba dari waktu ke waktu harus jadi perhatian serius semua pihak sebagai itikad baik memberantas narkoba di negeri ini.

"Ada dua cara untuk membubarkan partai. Pertama, inisitif internal, keinginan membubarkan berasal dari dalam partai sendiri. Bentuknya bisa berupa keputusan internal partai untuk membubarkan diri atau menggabungkan diri ke partai lain. Kedua, melalui sidang pembubaran di MK atas dasar melakukan kegiatan yang bertentangan dengan UUD 1945 dan peraturan perundang-undangan," tutup Panji.(rls)