NCID Tegaskan Maraknya Kasus Korupsi Politisi Indikator Kegagalan Partai Politik

Mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih mengaku dana suap PLTU Riau-1 mengalir ke Munaslub Golkar - BONEPOS.COM/INT

BONEPOS.COM, JAKARTA - Maraknya kasus korupsi masih jadi persoalan serius bagi bangsa Indonesia. Hal tersebut, turut jadi perhatian Direktur Eksekutif Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID) Jajat Nurjaman.

Menurut Jajat, dari sejumlah kasus korupsi ada indikasi sebagian dana hasil korupsi juga turut mengalir ke kegiatan partai.

"Berdasarkan pengungkapan dari KPK terbukti ada beberapa kasus dana korupsi yang mengalir ke partai politik. meskipun hingga saat ini, belum dapat di buktikan, namun bisa juga ada indikasi dengan ini partai ternyata juga ikut menikmati dana korupsi," tegas Jajat.

Lebih lanjut, kata Jajat, parahnya kader partai yang telah terungkap korupsi oleh lembaga berwenang. Partai malah lepas tangan dan tidak bertanggungjawab atas kasus yang menjerat kadernya.

"Jika harus terus berlanjut, bisa disimpulkan kaderisasi partai di negara ini masih buruk. Tidak ada peubahan yang berarti dari ke waktu ke waktu soal moralitas kader dan partai secara umum sebagai laboratorium kaderisasi.(ran)