Wabup Sinjai Perihatin, Warga Miskin Capai Ribuan Jiwa

BONEPOS.COM, SINJAI --- Tingginya angka kemiskinan di Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan, membuat Wakil Bupati Sinjai Hj. A.Kartini Ottong, tidak tinggal diam.

Wakil Bupati Sinjai, Hj Andi Kartini Ottong merasa prihatin ketika mendengar hasil indikator makro kemiskinan di Sinjai yang di paparkan oleh Kasi Statistik Sosial, Hamka Makmur, pada Senin kemarin (12/11), dimana angka kemiskinan di Sinjai saat ini mencapai 22.250 Jiwa, atau pada posisi 9,24%.

"Setelah mendengar apa yang dipaparkan oleh bapak Hamka Makmur, Kasi Statistik Sosial, Saya harap semua OPD yang terkait, agar lebih intens lagi melakukan upaya nyata melalui program dan kegiatan untuk pengentasan kemiskinan. Setidaknya, angka kemiskinan kita berkurang dari 22.250 jiwa atau dibawah 9,24%,". Untuk itu, perlu sinergitas dari semua steakholder agar secara bersama kita mengentaskan kemiskinan dengan berbagai program dan kegiatan dari masing-masing OPD," harap Hj.Andi Kartini.

Kasi Statistik Sosial, Hamka Makmur, mengakui bahwa jumlah angka kemiskinan ini diperoleh melalui pendataan dengan pendekatan Basic Need Approach atau Pendekatan Kebutuhan Dasar dimana kemiskinan dipandang sebagai ketidakmampuan dari sisi ekonomi untuk memenuhi kebutuhan makanan dan bukan makanan.

"Jumlah angka kemiskinan ini diperoleh melalui pendataan dengan pendekatan Basic Need Approach atau pendekatan kebutuhan dasar. Kita melihat ketidakmampuan itu dari sisi ekonomi untuk memenuhi kebutuhan makanan dan bukan makanan," jelas Hamka.

Hadir dalam pembahasan indikator kemiskinan dan upaya pengentasan kemiskinan tersebut, Sekretaris Daerah Drs. Akbar, Kadis Kesehatan dr. A.Suryanto Asapa, Kepala Bappeda Drs. A. Ilham, Kadis Sosnaker Dr. Drs. Muhlis Isma, Kadis Pendidikan Drs. H.Syamsuddin Umar, Kabag Humas serta beberaa stakeholder lainnya.

Suparman Warium