HUT Gowa ke-698, DPRD Puji Capaian Pemkab Gowa

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan sambutan saat Rapat Paripurna Istimewa DPRD Gowa (Jumat, 16/11/2018) - BONEPOS.COM/AHMAD RUSLI

BONEPOS.COM, GOWA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa menyampaikan apresiasinya terhadap capaian Pemerintah Kabupaten Gowa dibawah Kepemimpinan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Wakilnya Abd Rauf Malaganni.

Hal itu disampaikan saat Rapat Paripurna Istimewa DPRD kabupaten Gowa dalam Rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Gowa ke-698, di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Jumat (16/11/2018).

"Selama tiga tahun menjabat sebagai Pemerintah, Pak Bupati dan Pak Wabup telah mencapai beberapa prestasi baik dibidang Pendidikan, Ekonomi, sosial maupun budaya," ungkap Ketua DPRD Kabupaten Gowa, Andi Muhammad Ishak.

Dikatakan Ishak, salah satu penghargaan yang diraih Kabupaten Gowa yakni penghargaan dari Menteri Keuangan RI atas capaian meraih predikat WTP ke tujuh kalinya secara berturut-turut.

Tak hanya itu, beberapa waktu lalu juga telah meraih Kabupaten Layak pemuda kategori Pratama dari Kementrian Pemuda dan Olahraga RI. Sedangkan dibidang pendidikan program Pemkab Gowa investasi seperempat abad telah diakui oleh Pemerintah Pusat karena telah melahirkan lulusan-lulusan terbaik.

"Dalam 3 tahun menjabat ada 53 penghargaan yang diraih oleh kabupaten Gowa, Perpaduan dua karakter ini (Bupati dan Wabup) telah teruji dan mampu mencapai terobosan dan visi misi Kabupaten Gowa dalam mensejahterakan masyarakatnya," bebernya.

Ditempat yang sama, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, saat menyampaikan orasinya mengaku capaian yang diraihnya hingga saat ini todak lepas dari dukungan masyarakat Kabupaten Gowa terhadap program-programnya.

"56 prestasi yang dicapai oleh kami itu adalah berkait kerjasama dan kekompakan kita, tidak ada satupun program Gowa tanpa dukungan dari masyarakat, dan semoga kedepannya masyarakat bisa semakin cinta Kabupaten Gowa, sehingga program yang berjalan bisa selesai dengan baik, serta tentu penghargaan ini akan menjadikan motivasi agar lebih bekerja keras, cerdas tuntas untuk membngun kabupaten Gowa agar masyarakatnya bisa lebih sejahtera dimasa yang akan datang," ujar Adnan.

Adapun beberapa prestasi yang diraih yakni saoraja AMPL (Air Minum dan Penyehatan Lingkungan) sebagai pembina kelembagaan bersama KPP Sehati sebagai kelompok masyarakat yang mendukung AMPL ini.

Selain itu dirinya juga membeberkan mencapai pengharagaan BUMD kepada Tirta Jeneberang yang mengahsilkan 30 ribu lebih air minum dan termasuk salah satu dari 200 perusahaan terbaik di Indonesia. Bahkan Adnan mengungkapkan Kabupaten Gow merupakan Kabupaten satu-satunya mempertahankan predikat WTP 7 Kali berturut-turut, serta penyelenggaran pemerintahan terbaik urutan ke 31 dari 397 kabupaten di Seluruh Indonesia.

" Pastinya ini sebuah momentum untuk evaluasi dengan apa yg telah kami dapatkan. Dan baru-baru ini (kemarin) kami juga meraih Penghargaan Piala Natamukti dari ICSB karena mendorong keberhasilan UMKM di Gowa, dan dihari yang sama pula mendapatkan di Indonesia Award sebagai tata kelola keuangan pemerinta daerah terbaik," jelas Bupati termuda se Kawasan Timur Indonesia itu.

Olehnya, Adnan berharap dengan capaian tersebut, tahun depan dirinya menargetkan bisa meraih penghargaan tertinggi yakni Suatu saat bisa mencapai Parasamya Purnakarya Nugraha yang berarti anugerah atas pekerjaan yang tertinggi dari Presiden.

"Yang menjadi fokus kami kedepan dan pasti menjadi cita-cita seluruh pemerintah daerah yaitu mencapai penghargaan Prasamya Purnakarya Nugraha, yang merupakan apresiasi tertinggi dari presiden yang diberikan kepada Kepala Daerah. Saya berharap suatu saat bisa mendapatkan predikat itu, karena disitulah puncak penghargaan bagi pemerintah daerah," harap Adnan.

Sekadar diketahui, Pemerintah Kabupaten Gowa pada 2019 mendatang akan merevitalisasi Ballalompoa, merenovasi stadion kalegowa, hingga pembangunan pasar baru di Palangga yang telah membebaskan lahan seluas empat hektar di Bontorea, sehingga semua pedagang kaki lima yang ada poros Pallangga dan Panciro akan tarik ke pasar ini agar kemacetan bisa diatasi.

Turut hadir, Unsur Forkopimda Kabupaten Gowa, Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa, dan Oraganisasi masyarakat dan Pemuda se Kabupaten Gowa.

Diakhir Adnan beserta rombongan melakukan ziarah kubur ke Makam Sultan Hasanuddin danAkam Syekh Yusuf dalm rangka Hari Jadi Gowa ke 698.

Ahmad Rusli