Antisipasi Banjir, BPBD dan Dinas PU Siap Bekerja Maksimal Memasuki Musim Hujan

musim hujan
BPBD Makassar - BONEPOS.COM/AHMAD RUSLI

BONEPOS.COM, MAKASSAR-- Memasuki musim hujan, Pemerintah Kota Makassar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar sedang bersiap untuk menghadapinya.

Kepala BPBD Makassar, Muhammad Rusly mengatakan bahwa BPBD telah memiliki cukup personel dalam hal jumlah dan keterampilan untuk melakukan perbantuan saat terjadi banjir, demikian pula peralatan-peralatan.

"Juga ada sekian banyak potensi dan relawan PB yang siap turut serta dalam upaya meringankan kemalangan yang menimpa warga," katanya Kamis 21 November 2018.

Di BPBD telah terdapat Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 48 Tahun 2014 tentang Dokumen Rencana Kontijensi Banjir Kota Makassar, yang mengatur peran dan keterlibatan para stakeholder BPBD bila terjadi banjir.

"Kami akan mengadakan rapat koordinasi persiapan memasuki Puncak Musim Hujan 2018-2019. Melalui rapat ini, kita menyiapkan strategi pembagian peran di wilayah-wilayah yang teridentifikasi akan tergenang oleh limpasan air, sehingga saat banjir betul terjadi, kita telah memiliki kesepahaman dalam hal koordinasi mengcover wilayah-wilayah yang butuh evakuasi," imbuh Rusly.

Rusly menambahkan, selain itu, upaya masif Dinas PU Kota Makassar sebagai pendukung yakni melalui kegiatan peningkatan dan normalisasi prasarana sumber daya air yang ada tentunya akan memberi kontiribusi positif dalam melancarkan pengaliran air melalui saluran yang ada.

"Seraya berharap semoga hujan dengan volume tinggi turun tidak dalam tenggang waktu yang pendek, tetapi turun merata di sepanjang Bulan Desember, Januari dan Februari agar genangan dan banjir yang terjadi tidak terlalu mengganggu aktivitas warga," tukasnya.

Ahmad Rusli