Menantu Hendropriyono, Andika Perkasa Jabat Kepala Staf TNI AD

Jenderal TNI Andika Perkasa - BONEPOS.COM/INT

BONEPOS.COM - Jenderal TNI Andika Perkasa resmi dilantik menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Mulyono di Istana Negara, Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Setelah tak lagi menjabat sebagai KSAD, Mulyono akan memasuki purnatugasnya sebagai TNI pada awal 2019 mendatang.

Sebelumnya, nama Jenderal Andika Perkasa mendadak ramai diperbincangkan sebagai calon Panglima TNI baru, dikutip dari nusantaranews.co. Ada beberapa pandangan soal kasak kusuk mengapa sosok Andika Perkasa digadang-gadang akan menggantikan posisi Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

Pertama, Andika Perkasa secara garis kekerabatan memiliki hubungan erat dengan Jenderal (Purn) AM. Hendropriyono yang memiliki kedekatan dengan Presiden Jokowi. Dimana statusnya adalah menantu.

Kedua, Andika Perkasa baru berusia 53 tahun (pensiun 58). Dengan kata lain dirinya mempunyai kesempatan besar untuk memperoleh bintang 4 (minimal KASAD).

Ketiga, alasan lain mengapa dirinya akan ditunjuk sebagai Panglima TNI baru, karena Panglima TNI saat ini yang berasal dari TNI AU dinilai tidak sekuat TNI AD dalam hal pengorganisiran dan pengamanan Pilpres 2019 mendatang.

Keempat, Andika Perkasa merupakan Abituren Akmil 1987. Dirinya dipersiapkan menduduki jabatan KASAD menggantikan Jenderal Mulyono yang akan memasuki masa purnabakti di tahun 2019. Jenderal Mulyono sendiri merupakan abituren dari Akmil tahun 1983. Artinya gerbong AD akan diisi perwira-perwira ankatan 1987an. Yang dalam hal ini dianggap cukup jauh dengan senior-senior mereka di angkatan 70an.

Selanjutnya 1 2 3