MPS Muhammadiyah Sulsel Sukses Gelar TOT Perawatan Jenazah

MUHAMMADIYAH
Pelatihan perawatan jenazah oleh Majelis Pelayanan Sosial Muhammdiyah Sulsel - BONEPOS.COM/AHMAD RUSLI

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Majelis Pelayanan Sosial (MPS) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel kerjasama dengan Unismuh Makassar sukses menggelar Training Of Trainer (TOT) Perawatan Jenazah.

TOT ini dilaksanakan di Kampus Unismuh Makassar.

Koordinator Majelis Pelayanan Sosial (MPS) PWM Sulsel, KH Ahmad Tawalla mengatakan, tujuan kegiatan ini sebagai upaya menyiapkan warga Muhammadiyah untuk terlibat aktif dan bersiap menjadi pelayan terkait perawatan jenazah dari memandikan, mengkafani, mensholatkan hingga menguburkan.

"Karena sesungguhnya mengurusi ummat Islam itu semua aspek, bahkan hingga ke perawatan jenazahnya," ungkap KH Ahmad Tawalla, Kamis (22/11).

Menurut KH Ahmad Tawalla bahwa ada sebanyak 120 peserta yang ikut pada pelatihan ini.

"Yakni Dosen, Karyawan Unismuh, mentor GJDJ, PDM Se-Sulsel, Panti Asuhan Aisyiyah, dan beberapa PCM se- Kota Makassar," tambahnya.

Ia pula menitip ikhtiar dan pelibatan segenap peserta untuk siap terjun langsung ke masyarakat saat kewajiban ini (fardhu kifayah) dibutuhkan kapan dan dimanapun berada.

"Harapannya setelah kegiatan ini masing-masing peserta kembali ke daerahnya bisa menjadi pelatih perawatan jenazah dan membentuk tim," tuturnya.

Terpisah, Ketua Majelis Pelayanan Sosial (MPS) PWM Sulsel, Arfah Basha mengatakan, akan membentuk dan menyiapkan segenap timnya hingga ke daerah Se-Sulsel.

"Kita semua wajib terlibat aktif memberikan pelayanan terhadap ummat Islam khususnya dalam mengurusi jenazah ini," harapnya.

Hadir pemateri TOT Pelatihan ini Ustadz Haji Abbas Baco Miro dan KH Ahmad Tawalla.

Pemandu Ust Salahuddin, Ust Ali Hakka dan Ust Amin Umar.

Ahmad Rusli