Dompet Dhuafa Sulsel dan Ekskul Dokcil KKR Tanam Pohon Mangrove

BONEPOS.COM, MAKASSAR---Dalam rangka hari pohon sedunia, Dompet Dhuafa Sulsel berkerjasama Ekstrakurikuler Dokter Kecil dan Kader Kesehatan Remaja (Ekskul Dokcil KKR) menanam 150 pohon Mangrove, di kawasan Ecowisata Mangrove Lantebung, Makassar, Sabtu (24/11/2018).

Kegiatan ini diikuti oleh SDN Unggulan Mongisidi I, SDI Hartaco Indah, SDI Mallengkeri Bertingkat I, SDN Parang Tambung I, SDN Kaccia, SDI Mallengkeri I, dan SMPN 6 Makassar.

Founder Ekskul Dokcil KKR, Zuhri Kasman menjelaskan, Gerakan Anak Sedekah (GAS) merupakan inisiasi program dari Ekskul Dokcil KKR yang dimulai sejak tahun 2017. Gerakan ini dimulai sebagai bentuk keresahan karena masih banyaknya orang yang telah berkecukupan materi, namun menunda bahkan tidak bersedekah.

Lanjutnya, pembinaan ekskul dokcil KKR yang bergelut di usia anak sekolah, berkeinginan membuat kegiatan pembelajaran agar anak usia sekolah dapat bersedekah sejak dini. Sehingga di saat usia mereka di waktu yang tepat, tidak menunda lagi saat waktunya tiba untuk bersedekah dan berkurban atas nama mereka sendiri.

“Tahun ini, Gerakan Anak Sedekah (GAS) menyasar ke bidang lingkungan, bernama Sedekah Pohon. Agar bisa menjadi aksi lingkungan bagi sekolah mitra dalam program ini. Menanam Mangrove adalah salah satu cara untuk menjadi bagian porto folio sekolah dalam program Kementerian Lingkungan Hidup di lingkup sekolah, yaitu Adiwiyata,” ujar Zuhri.

Sementara itu, Manajer Fudraising Dompet Dhuafa Sulsel, Efitrianty Nur mengatakan, program ini merupakan kolaborasi Ekskul Dokcil KKR dan Dompet Dhuafa Sulsel. Yang dimana kegiatan Sedekah Pohon terdapat aktivitas ajakan sedekah melalui program sedekah dongeng dan GAS dalam penggalangan donasi program sedekah pohon dan penggalangan donasi untuk korban gempa dan Tsunami Sulawesi Tengah yang disalurkan melalui Dompet Dhuafa Sulsel.

“Gerakan sedekah pohon ini sebagai ajakan kepedulian yang mengajarkan anak-anak untuk peduli. Dalam hal ini mengajak anak-anak peduli lingkungan terutama dalam melestarikan lingkungan dan penanaman pohon,” jelasnya.

Selain penanaman pohon, dilaksanakan juga penandatanganan kerja sama antar pihak sekolah dengan pihak Dompet Dhuafa Sulsel dan Ekskul Dokcil KKR untuk kolaborasi kegiatan selanjutnya.

Diketahui, sebelumnya telah dilaksanakan roadshow sedekah pohon yang berlangsung pada tanggal 14 hingga 23 November 2018, di 9 sekolah yakni, SDI Mallengkeri Bertingkat I, Pondok Pesantren Guppi, SDI Mallengkeri I, SDI Unggulan BTN PEMDA, SDN Unggulan Mongisidi I, SDI Mallengkeri II, SDN Kaccia, SDN Parang Tambung I, dan SDI Hartaco Indah. Kemudian akan dilanjutkan pada tanggal 29 November 2018 di SMPN 6 Makassar.

Ahmad Rusli