Kejurnas Olahraga BilIiar, Silviana Terancam Tidak Bisa Ikut

BONEPOS.COM - Silviana merupakan atlet olahraga biliar yang kerap kali berprestasi.  Namun ia terancam tidak bisa ikut serta dalam (Kejurnas) biliar di Bandung.

Penyebabnya adalah proses mutasi Silvana dari Kalimantan Barat ke Papua mengalami hambatan. Bahkan, akibat tidak adanya kejelasan mengenai mutasi tersebut pebiliar putri yang pada PON 2016 lalu menyabet dua medali emas ini terancam tidak bisa mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) biliar di Bandung.

Andai itu terjadi, prestasi Silvana bisa saja terhambat. Padahal Silviana merupakan aset nasional yang harus dijaga.

"Kalau tidak ikut Kejurnas, pertama membuat atlet terkatung-katung. Kejurnas ini satu moment penting bagi atlet untuk prestasi," kata Fathul, kepada detikcom, Minggu (25/11/2018).

Dia melanjutkan, proses mutasi Silviana dari Kalimantan Barat ke Papua seharusnya tida ada masalah. Karena menurutnya Silviana telah memenuhi Surat Keputusan PB POBSI terkait mutasi atlet biliar.

"Jadi tidak ada alasan PB POBSI untuk tidak mengesahkan. Silviana ini atlet nasional, pemain Sea Games juga. Harusnya PB POBSI berani menegakan aturan," katanya.

Diberitakan sebelumnya, pebiliar putri Silviana terancam tidak bisa mengikuti Kejuaran Nasional (Kejurnas) biliar yang digelar di Bandung. Pasalnya, proses mutasi Silviana dari Kalimantan Barat ke Papua mengalami masalah.

Manajer Silviana, Leo Kamarudin, menjelaskan bahwa permasalahan berawal dari permohonan mutasi Siliviana di tingkat pengurus POBSI Kalimantan Barat. Namun, permohonannya ditolak karena tidak ada domisili pindah dan keterangan bekerja.

"Akhirnya kita lengkapi, tapi belum dikeluarkan Pengprov (POBSI) Kalbar, padahal dari Pengcab Pobsi Kabupaten Sekadau sudah disetujui," kata Leo, saat ditemui di Click Square, Kota Bandung, Sabtu (24/11/2018).

Editor : Nur Atika Pratiwi