Terpasang di Papan Reklame, APK Caleg PKS Ini Akan Diturunkan Bawaslu

Alat peraga kampanye (APK) Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR-RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang terpasang di area reklame, akan diturunkan oleh pihak Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Senin, malam, 26 November 2018. (BONEPOS.COM - SUPARMAN WARIUM).

BONEPOS.COM, SINJAI - Alat peraga kampanye (APK) Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR-RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang terpasang di area reklame, akan diturunkan oleh pihak Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Senin, malam, 26 November 2018.

Kordiv Hukum Penindakan Pelanggaran Bawaslu Sinjai, Saifuddin mengatakan, pemasangan APK di area reklame yang miliki retribusi, dalam pembersihan atau penurunan alat peraga kampanye, pihaknya akan bertindak sesuai regulasi dan aturan yang ada.

"Jadi, semua pemasangan alat peraga kampanye yang menyalahi aturan, kita tertibkan dan turunkan, termasuk di area tempat pemasangan reklame iklan rokok," jelas Saifuddin saat dihubungi Bonepos.com, melalui telefon selulernya, Senin, 26 November 2018.

Dijelaskan Saifuddin, penertiban APK yang terpasang di area reklame ini sesuai surat edaran dari Ketua Bawaslu RI pada tanggal 23 November 2018, bahwa Tim kampanye dilarang memasang alat peraga kampanye di tempat reklame yang memiliki retribusi.

Terpisah dengan Sekertaris Umum Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sinjai, Muhajir A.Jamaluddin, yang dihubungi bonepos.com, berharap kepada pihak Bawaslu Sinjai agar dalam melaksanakan pembersihan atau penurunan alat peraga kampanye tidak pandang bulu.

"Jika itu adalah aturan, tentu kami bersama partai lainnya akan menjunjung tinggi aturan yang dilaksanakan oleh Bawaslu Sinjai. Kami berharap Bawaslu benar-benar adil dan tidak pandang bulu. Sebab, jika penindakannya tidak menyeluruh atau merata, maka kami akan komplain," tegasnya.

Hingga berita ini diturunkan, pihak Bawaslu Sinjai terus bergerak melakukan pembersihan dan penertiban APK di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Sinjai.

Penulis: Suparman Warium