Timnas Gagal Ke Semifinal Piala AFF, Bima Sakti Siap Mundur

Pelatih Timnas, Bima Sakti

BONEPOS.COM - Timnas Indonesia harus menelan kekalahan di babak penyisihan Grup B Piala AFF. Pencapaian tersebut jelas menurun bila dibandingkan dengan penampilan Timnas dua tahun lalu di mana nyaris merebut gelar juara karena sukses mencapai final.

Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti, menyatakan siap mundur dari jabatannya setelah gagal memenuhi target juara Piala AFF 2018. Dia menyerahkan keputusan kepada PSSI.

“Ini tanggung jawab saya. Saya terima konsekuensinya,” kata dia usai laga melawan Filipina di Jakarta, Ahad, 25 November 2018.

Pelatih berusia 42 tahun itu menuturkan mendapat banyak ilmu dan pengalaman saat dipercaya melatih Timnas. Ia pun menyadari kalau kapasitasnya masih harus ditingkatkan lagi.

“Bisa dikatakan saya itu (murid) SMP tapi ujiannya di universitas,” ucap Bima.

Bima menilai ada pelajaran berharga yang didapat, sekaligus juga kekurangan dirinya yang perlu diperbaiki ke depan. Menurut dia, selama menangani Timnas ia kesulitan dalam menentukan pilihan pemain.

“Mungkin kesalahan saya memilih siapa yang bermain dan tidak,” kata dia.

Ke depan, Bima Sakti menyatakan akan menerima bila PSSI tidak lagi memperpanjang kontraknya bersama Timnas. Ia berharap kepada publik sepak bola agar mendukung penuh siapa pun pelatih Indonesia.

“Kontrak saya hanya sampai AFF,” ucap pelatih yang menutup karirnya di klub Persiba Balikpapan.

Bima ditugaskan menangani Timnas Indonesia untuk menggantikan Luis Milla. PSSI batal memperpanjang kerja sama dengan pelatih Spanyol itu setelah muncul kabar ada tunggakan gaji.

Bima merupakan asisten Milla. Dia bekerja bersama-sama Kurniawan Dwi Yulianto dan Kurnia Sandi.

Editor : Nur Atika Pratiwi