Hati – Hati Dengan Jari Di Sosmed, Salah Komentar Berujung Fatal

BONEPOS.COM - Sebaiknya sebelum berkomentar di sosial media, pikirkan apa yang akan diketik. Karena kesalahan dalam berkomentar bisa menjurumuskan anda masuk ke penjara. Dilansir dari Hukum Online, berikut beberapa jenis komentarnya:

1. Komentar mengandung SARA
Jaga sikap dan jempol Anda, jangan asal berkomentar di media sosial. Komentar yang mengandung SARA dan ujaran kebencian terhadap suatu kelompok bisa dikenakan pidana, lho! Bisa disebut melanggar  UU ITE Pasal 28 ayat (2), komentar yang berisi SARA di media sosial bisa dilaporkan ke pihak berwajib dan dikenai denda hingga mendapat hukum pidana.

2. Komentar berisi ancaman
Komentar bersifat mengancam dan meresahkan warganet yang disampaikan lewat media sosial juga bisa dilaporkan. Komentar semacam ini disebut melanggar Pasal 29 UU ITE (Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik). Makanya, meski hanya bercanda, jangan sekali-sekali menulis komentar semacam ini ya, karena bisa membuat Anda terancam masuk penjara.

3. Komentar body shaming
Body shaming adalah bentuk dari tindakan mengejek atau menghina dengan mengomentari fisik dan penampilan seseorang. Jika orang yang mendapat komentar tersebut merasa dihina, si pemberi komentar bisa dilaporkan ke pihak berwajib. Karena pada dasarnya penghinaan bisa dianggap melanggar UU ITE serta perubahannya Pasal 45 ayat (3) dan pasal 27 ayat (3).

4. Komentar menyebar hoax
Tentu saja, komentar yang berisi berita hoax alias palsu bisa dihukum pidana. Hal itu telah tercantum dalam UU Nomor 1 Tahun 1945 Pasal 14 ayat (1) dan (2) dan Pasal 15, yang dapat membuat pelakunya terancam dibui. Jadi, jangan terburu-buru menyebarkan berita yang belum jelas kebenarannya, ya!

Maka dari itu, lebih baik bijak dalam berkomentar dan menggerakkan jempol Anda. Jadikan media sosial sebagai wadah yang positif dengan menyebar kebaikan.

Editor : Nur Atika Pratiwi