Tingkatkan Layanan, Tomy Satria Luncurkan Sistem Unit Reaksi Cepat

Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto - BONEPOS.COM/IWAN TARUNA

BONEPOS.COM, BULUKUMBA - Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto luncurkan sistem pengaduan Unit Reaksi Cepat (URC),di Kantor Dinas Sosial, Jl. Srikaya Bulukumba, Selasa 27 November 2018.

Dalam sambutannya, Tomy Satri mengatakan program ini memprioritaskan penanganan bencana alam.

“Kadang kita lupa selain bencana alam ada bencana lainnya yakni bencana sosial. Masih banyak masyarakat yang masuk terkategori dan didefinisikan miskin baik dari faktor kultur maupun faktor sistem,” ujarnya.

Menurutnya, masyarakat miskin terbagi dua faktor yakni kultur yang berkaitan dengan etos kerja yang bersangkutan. Faktor lainnya sistem, dimana pembangunan tidak menjangkau secara merata. URC hadir untuk merespons cepat permasalahan sosial bagi warga miskin.

Tomy berharap paradigma pelayanan pemerintah tak hanya fokus menunggu masyarakat datang. Melainkan birokrasi harus punya kesadaran dan lebih proaktif pada situasi-situasi sosial.

"Cara pandang ini harus dirubah, bagaimana menjemput. Kita harus sepakat bahwa URC dibentuk karena kemiskinan adalah sebuah bencana sosial," katanya.

Turut hadir, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Muliati Nur, dan anggota DPRD Komisi D, Hj. Siti Aminah.

Selain itu hadir perwakilan dari masing-masing OPD terkait, komunitas, dan lembaga yang terlibat kolaborasi program diantaranya Baznas Bulukumba, PSC, Komunitas Cinta Sedekah, Kerenisme, dan Forum Jurnalis Selatan.(*)