Wakil Bupati Bulukumba Terima Kunjungan Tim P2K3 Sulsel

Suasana penyambutan tim P2K3 Sulawesi Selatan di Kabupaten Bulukumba (Senin, 2 6/11/2018) - BONEPOS.COM/IWAN TARUNA

BONEPOS.COM, BULUKUMBA - Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto menerima kunjungan tim penilai lomba Program Peningkatan Peran Keluarga Menuju Ketahanan dan Kesejahteraan (P2K3), di aula Pesantren Babul Khaer Kelurahan Kalumeme, Senin 26 November 2018.

Turut serta Ketua Tim Penggerak PKK Siti Isniyah mendampingi Tomy Satria Yulianto. Sebelumnya P2K3 dikenal sebagai lomba P2WKSS.

Tim penilai tersebut akan melakukan evaluasi dan penilaian kepada warga masyarakat yang berada di lingkungan Gusunge Kelurahan Kalumeme, Kecamatan Ujung Bulu, Kabupaten Bulukumba. Wilayah Gusunge berada di sekitar pantai yang penduduknya rata-rata bermata pencaharian nelayan dan petani rumput laut.

Lurah Kalumeme, Arya Arnita Hamid menyampaikan bahwa P2K3 ini merupakan program yang menggunakan pola pendekatan lintas bidang pembangunan untuk meningkatkan ketahanan atau kualitas keluarga menuju kesejahteraan.

“Jadi program ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat, mengurangi tingkat kemiskinan, dan memotivasi masyarakat untuk ikut terlibat dalam mengatasi berbagai persoalan pemicu kemiskinan, serta menemukan solusi terhadap permasalahan kemasyarakatan,” ungkap Arya Arnita.

Dari pendataan yang telah dilakukan, jumlah Kepala Keluarga (KK) di lingkungan Gusunge yang menjadi lokasi lomba P2K3, lanjut Arnita sebanyak 77 KK. Di lingkungan Gusunge terdapat 67 KK yang tidak memiliki Buku Nikah, dan 35 KK yang tidak memiliki dokumen kependudukan yang lengkap.

Lebih lanjut, dari dimensi ketahanan ekonomi, terdapat 9 keluarga yang tidak mampu menyajikan makanan lengkap, dan terdapat 9 keluarga yang menderita penyakit akut atau kronis. Begitu pula untuk kepemilikan asuransi kesehatan, terdapat 66 KK yang tidak memiliki kartu BPJS.

Setelah melakukan pendampingan oleh beberapa perangkat daerah, beberapa terobosan yang telah dilakukan di wilayah itu, seperti warga setempat sudah memproduksi Brownis Rumput Laut. Produk kue ini berasal dari pemanfaatan sumber daya alam rumput laut yang melimpah untuk menambah penghasilan warga Gusunge. Warga yang memproduksi kue tersebut merupakan binaan dari TP PKK, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak, serta Baznas Kabupaten Bulukumba.

Selain itu, ada Kebun Bibit Desa yang dikelola oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Bunga Cendana. Kebun bibit desa yang berada di pesisir pantai ini berisi tanaman sayuran, seperti kangkung, terong, cabe, tomat, dan pohon kelor.

Sementara itu, Wabup Tomy Satria Yulianto mengapresiasi program ini. Menurutnya ditengah budaya paternalistik, program ini mendorong adanya kesetaraan antara perempuan dan laki-laki, sehingga tidak ada lagi marginalisasi peran perempuan di lingkungan keluarga dan lingkungan sekitarnya.

“Kita ingin melihat ada isu-isu kesetaraan dalam keluarga, terutama dalam pengambilan keputusan, dan dalam menentukan arah masa depan keluarga,” kata Tomy Satria Yulianto.

Ke depannya, Tomy berharap para perangkat daerah yang melakukan pendampingan tetap melanjutkan pembinaan meski program P2K3 tersebut sudah berakhir di wilayah tersebut.

“OPD harus tetap fasilitasi warga terkait pencapaian indikator-indikator ketahanan keluarga di lingkungan ini,” harapnya

Setelah seremoni penerimaan rombongan tim penilai yang dipimpin oleh ibu Sarlin Nur, Wakil Bupati Tomy Satria mendampingi tim penilai menuju lokasi Gusunge untuk melakukan wawancara dengan warga.(*)