Bupati Sinjai Kukuhkan Pengurus Badan Usaha Milik Petani Desa Kalobba

Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa - BONEPOS.COM/ISTIMEWA

BONEPOS.COM, SINJAI  - Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa kukuhkan sebanyak 11 orang pengurus Badan Usaha Milik Petani (BUMP) Desa Kalobba Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai, Jumat 30 November 2018.

Dalam kunjungan kerja di Kecamatan Tellulimpoe tersebut, Ia didampingi Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong dan sejumlah unsur Forkopimda.

Andi Seto Asapa dalam sambutannya menyampaikan pentingnya keberadaan BUMP untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

Dihadapan petani dan sejumlah undangan, dirinya berkomitmen akan memfasilitasi pembentukan BUMP secara bertahap disetiap desa se-Kabupaten Sinjai.

"BUMP berkontribusi dalam akselerasi pengembangan sosial ekonomi petani, memudahkan akses informasi pasar, permodalan, infrastruktur, dan pasar maupun adopsi inovasi pertanian. Juga kelembagaan petani akan memudahkan bagi pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya dalam memfasilitasi dan memberikan penguatan kepada petani," jelas Bupati.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Ir.Hj.Marwatiah, M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong terbentuknya kewirausahaan tani.

"Kelembagaan petani memegang peranan penting dalam pembangunan pertanian yang terdiri dari Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani," jelasnya.

Ia juga melaporkan, sebanyak 1.323 sudah terbentuk se-Kabupaten Sinjai terdiri dari Kelompok Tani Dewasa sebanyak 1.145 kelompok, Wanita Tani sebanyak 156 kelompok dan Pemuda Tani sebanyak 34 kelompok.

Serta 83 Gapoktan yang mengusahakan berbagai komoditas baik tanaman pangan, hortikultura, perkebunan maupun peternakan. (*)