Andi Fahsar Jadi Irup Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-73

Peringatan Hari Guru Nasional Kabupaten Bone - BONEPOS.COM/SUGIANTO

BONEPOS.COM, BONE -- Bupati Kabupaten Bone H ķkA Fahsar Mahdin Padjalangi memimpin upacara Hari Guru Nasional (HGN) 2018 dan HUT PGRI ke-73 di Lapangan Merdeka Watampone, Kabupaten Bone, Sabtu (1/12/2018).

Dalam upacara peringatan yang berlangsung hikmat tersebut Bupati Bone membacakan sambutan tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. Dr. Muhajir Effendi.

Fahsar mengatakan, para guru harus profesional menyangkut sikap, mental dan komitmen para guru untuk selalu meningkatkan kualitas agar memiliki potensi yang sesuai tema peringatan tahun ini yakni, "Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad 21".

"Oleh sebab itu peningkatan profesionalisme guru menjadi penting karena hal itu merupakan salah satu syarat utama dalam perwujudan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter serta menguasai kecakapan abad 21 yang dibutuhkan oleh peserta didik," kata Fahsar saat membacakan amanat Mendikbud itu.

Lanjutnya, walaupun teknologi informasi berkembang sedemikian cepat, peran guru sebagai pendidik tetap tidak tergantikan. "Tugas utama guru adalah mendidik, mengajar membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi setiap peserta didik," jelasnya

"Olehnya itu potensi guru sangat lekat dengan integritas dan kepribadian, guru tidak hanya bertugas untuk mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya. Guru sebagai pendidik yang menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik dalam kehidupan," katanya.

Kegiatan ini turut dihadiri Kasrem 141/Tp Letkol Inf. Bobbie Triyantho, Dandim 1407/Bone Letkol Inf Mustamin, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Bone, dan guru se-Kabupaten Bone serta siswa siswi SD, SMP dan SMA Kabupaten Bone.

Foto : Bupati Bone Andi Fahsar dan Wakil Bupati Ambo Dalle (Ketua PGRI Bone) beserta pejabat muspida berpose bersama siswa Marching Band SMKN 1 Bone setelah upacara.

Sugianto Warium