Bupati Andi Seto : Pengajuan Pinjaman Rp200 Miliiar, Legal dan Sah-sah Saja

BONEPOS.COM, SINJAI--- Setelah Bupati Sinjai Andi Seto Ghadista Asapa menggelar konferensi pers terkait rencana pengajuan pinjaman Rp200 Milliar ke pemerintah Pusat, di Warkop Carita, Jumat (30/11/2018), akhirnya menemui titik terang.

Betapa tidak, dengan adanya pengajuan pemerintah Kabupaten Sinjai untuk meminjam dana ke pemerintah pusat sebanyak 200 Milliar itu, selama ini telah menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat Sinjai, bahkan di kalangan Mahasiswa dan LSM.

Bupati Sinjai, Andi Seto akhirnya menepis semua issue-issue yang selama ini banyak menimbulkan pro-kontra terkait pengajuan pinjaman pemerintah Kabupaten Sinjai sebanyak 200 Milliar ke pemerintah Pusat.

Andi Seto menjelaskan bahwa pengajuan pinjaman senilai 200 Miliar ke pusat itu untuk pemerataan pembangunan infrastruktur di Sinjai

Menurut Andi Seto, jika pemerintah daerah Kabupaten Sinjai berhasil mendapatkan pinjaman dana 200 Milliar dari pemerintah Pusat, maka dana tersebut akan dipakai untuk melakukan perbaikan jalan di sejumlah wilayah yang ada di Kabupaten Sinjai.

“Saya harap seluruh masyarakat dan elemen yang ada di Kabupaten Sinjai dapat memberi dukungannya. Sebab terkait pengajuan pinjaman 200 Milliar ini bukanlah berarti daerah ini tidak memiliki dana untuk membangun Sinjai. Tetapi justru pendapatan daerah kita ini dinilai sehat sehingga kita mendapat peluang untuk meminjam dana 200 Milliar tersebut ke pemerintah Pusat. Dan ini bukanlah suatu tindakan yang melanggar hukum. Ini demi rakyat, ini legal dan sudah sesuai aturan. Saya sebagai bupati Sinjai tentu tidak ingin melihat ada penanaman pohon pisang di tengah jalan sebagai bentuk protes jalanan yang rusak, Saya tidak ingin melihat masyarakat Sinjai tidak dapat menikmati Pendidikan dan Kesehatan gratis hanya karena jarak tempuh rumah mereka sangat jauh disertai jalanannya yang rusak sehingga akses kendaraan sangat sulit untuk masuk ketempat mereka," jelas Andi Seto.

Andi Seto juga berharap, agar seluruh masyarakat serta seluruh elemen yang ada di Sinjai agar tetap percaya kepada pemerintah daerah terkait pengajuan pinjaman tersebut.

"Saya sebagai bupati Sinjai berharap kepada seluruh masyarakat dan seluruh elemen yang ada di Kabupaten Sinjai, agar jangan ada keraguan terhadap kami sebagai pemerintah, insya Allah ini semata-mata untuk kepentingan masyarakat, bukan untuk Saya pribadi, dan tidak ada persekongkolan kepentingan antara pemerintah daerah dengan DPRD Sinjai, sebagaimana issu yang berkembang selama ini. Meski belum ada kepastian apakah kita bisa mendapat pinjaman 200 Milliar itu atau tidak, yang jelasnya jika berhasil.maka silahkan seluruh stakeholder melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap penggunaan dan pengalokasian anggaran ini," harap Bupati Sinjai.

Turut hadir dalam konfrensi Pers tersebut, sejumlah Wartawan yang bertugas di Sinjai, Kepala Bappeda Sinjai, Kepala Kesbang Pol Sinjai, Plt Inspektur Inspektorat Sinjai, kabag Humas Setda Sinjai,perwakilan Sinjai, Tokoh masyarakat, perwakilan aktivis dari Hippmas Sinjai, dan perwakilan dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kabupaten Sinjai.

SUPARMAN WARIUM