Aksi Penipuan Catut Nama Pejabat Kembali Marak di Bone

Ilustrasi Penipuan melalui telefon seluler. (Sumber:Int).

BONEPOS.COM, BONE - Guru dan Kepala Sekolah dilingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Bone kembali diresahkan dengan maraknya aksi penipuan permintaan dana dengan mencatut nama Pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Bone.

Hal tersebut terungkap setelah banyaknya guru dan kepala sekolah yang melaporkan kejadian yang dialaminya itu ke Dinas Pendidikan lantaran nyaris tertipu oleh para penelpon gelap itu.

"Saya juga heran kenapa banyak guru yang tertipu dan mau percaya menuruti permintaan penelpon gelap itu," kata Nursalam.

Padahal menurut Sekretaris Disdik pihaknya sudah mengeluarkan Surat Edaran yang menghimbau kepada seluruh guru di jajaran Dinas Pendidikan Bone agar selalu berhati-hati dan tidak mudah terperdaya oleh aksi penipuan tersebut.

"Kalau ada yang mengatasnamakan
pejabat Dinas Pendidikan jangan mudah percaya karena itu boleh jadi penipuan," tutur Nursalam.

Menurut Nursalam bentuk operandi yang diperankan oleh para pelaku penelpon gelap itu adalah dengan cara menghubungi kepala sekolah melalui telepon. Mereka berkedok seolah-olah pejabat Disdik yang mau bicara dengan salah seorang guru yang akan jadi korbannya itu.

"Jadi macam-macam alasannya ada karena bermasalah sertifikasi, ada masalah pensiun dan masalah kenaikan pangkat," ungkapnya.

Dari informasi yang dihimpun aksi penipuan lewat telepon seluler ini sudah banyak terjadi di Kecamatan Libureng, Palakka dan Kahu. Meski demikian pelaku aksi penipuan ini belum juga ada yang tertangkap.

Penulis: Sugianto Warium