Mulai 2019, Narasumber Bisa Menolak Wawancara Wartawan tak Bersertifikasi

Sejumlah wartawan di Sulawesi Selatan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Swissbelin Hotel, Jalan Bulevard, Makassar, untuk mendapatkan sertifikat dari Dewan Pers. (BONEPOS.COM - DEDHY)

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Mulai tahun 2019 nanti, seluruh instansi pemerintah, baik BUMN, BUMD dan perusahaan atau kantor swasta bisa menolak kehadiran wartawan yang belum atau tidak lulus uji kompetensi.

Demikian diungkapkan oleh Ketua Komisi Pendidikan, pelatihan dan Pengembangan Profesi Dewan Pers, Hendry CH Bangun saat bertindak selaku tim penguji pada uji kompetensi wartawan (UKW) di Swissbelin Hotel Makassar, Selasa, 4 Desember 2018.

"Nanti mulai 2019, kantor pemerintah, swasta, BUMN, BUMS, BUMD bisa menolak kehadiran wartawan yang tidak kompeten," tegas Hendry kepada para peserta UKW yang diadakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulsel.

Selain itu lanjut Hendry, tahun 2019 nanti, instansi pemerintah juga berhak menolak untuk menjalin kerjasama atau kontrak publikasi dalam bentuk apapun pada perusahaan pers yang tidak berbadan hukum Perseroan Terbatas (PT) dan telah terverifikasi oleh Dewan Pers.

UKW
Para peserta UKW di Swissbelin Hotel Makassar, saat berfoto bersama dengan para tim penguji UKW dari Dewan Pers serta Pengurus PWI Sulsel. Selasa, 4 Desember 2018. (BONEPOS.COM - IST).

Sementara itu, Koordinator UKW Sulsel, Djoko Tetuko, dalam penutupan UKW di Makassar, menyebutkan bahwa saat ini tercatat sudah ada 10.061 wartawan yang telah dianggap berkompeten setelah melalui UKW oleh Dewan Pers.

"Terakhir sudah ada 10.030 wartawan yang dianggap kompeten setelah melalui UKW. Dan hasil UKW hari ini bertambah lagi 31 orang yang lulus, jadi total saat ini sudah ada 10.061 wartawan berkompen secara nasional," ungkap Djoko.

UKW yang digelar oleh PWI Sulsel ini diikuti beberapa wartawan dan pemimpin redaksi dari beberapa media cetak dan online yang ada di Sulsel, diantaranya, harian Fajar, Ujungpandang Ekspres, media online Bonepos.com, Kabar.news, Sulselekspres.com, Pedomansulsel.com, dan Berita-Sulsel.com.

Adapun proses UKW ini sendiri terbagi dalam tiga tingkatan, yakni tingkat utama diperuntukkan bagi Pemimpin Redaksi, tingkat Madya bagi redaktur dan tingkat Muda untuk reporter atau wartawan lapangan.

Penulis: Andi Dedhy