Ribuan Pengunjung Padati Job Fair Disnaker Makassar di Swiss Bellin

Pengunjung padati Job Fair Disnaker Makassar - BONEPOS.COM/AHMAD RUSLI

BONEPOS.COM, MAKASSAR -- Ribuan pelamar memenuhi arena Job Fair yang diselenggarakan oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar, di Hotel Swiss Bell Panakkukang Makassar, Kamis (6/12/2018).

Pantauan bonepos.com, para pelamar telah memadati lantai 2 hotel sejak pukul 9 pagi, sejam sebelum dibukanya Job Fair.

Job fair kali ini paling ramai selama penyelenggaraannya di tahun 2018. Pelamar didominasi anak muda usia 20 tahun hingga 30 tahun.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar Andi Irwan Bangsawan mengatakan, pihaknya menggandeng 50 perusahaan pada job fair kali ini. Ia mengestimasi jumlah pelamar yang hadir mencapai ribuan orang.

"Job fair yang dilaksanakan di penghujung 2018 kali ini adalah yang ketiga kalinya sekaligus yang terakhir. Dalam job fair ini kami kemas berbeda dengan sebelumnya, ada perlombaan antar stand perusahaan dan ada juga talkshow dari BPJS Ketenagakerjaan dan Telkomsel," papar Irwan.

Irwan menjelaskan, berkat job fair yang diselenggarakan Pemkot Makassar inilah sehingga pengangguran bisa terus menurun. Ia menyebut, pengangguran di Makassar pada tahun 2018 ini tersisa 64.000 orang dari yang sebelumnya di tahun 2015 sebanyak 70.000 orang.

"Kesempatan kerja tersedia melalui job fair ini dek. Jangan khawatir. Tapi itu juga tergantung dari skill adek-adek sekalian," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Ketua PKK Makassar, Indira Jusuf Ismail yang membuka secara langsung kegiatan job fair turut menyemangati para pencari kerja.

"Peluang kerja sangat terbuka lebar. Namun tak dapat dipungkiri di era digital sekarang persaingan semakin ketat, oleh karenanya skill harus selalu ditingkatkan," tutur Indira.

Ahmad Rusli