200-an Napi Non KTP Elektronik Terancam Tak Memilih

BONEPOS.COM, BONE --- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bone menemukan 200-an narapidana lapas Cellu, Kabupaten Bone yang tidak memiliki identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik. Temuan itu disampaikan saat sinkronisasi data pemilu bersama partai politik, Didukcapil, PPK dan Panwascam beberapa waktu lalu.

Menurut Komisioner Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga Bawaslu Bone, Muhammad Alwi SE, bahwa data pemilih napi di lapas Cellu tercatat 200-an. Olehnya itu, pihaknya mendorong kepada pemerintah setempat melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bone untuk melakukan perekaman.

"Napi yang berada di Lapas Watampone memiliki hak memilih," ujarnya.

Dalam sinkronisasi data pemilih Kabupaten Bone, Alwi menyebut secara total sekitar 10 ribuan pemilih potensial yang belum melakukan perekaman. hal ini juga bisa memicu kehilangan hak pilih jika tidak diperhatikan dan dimaksimalkan perekaman.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bone melalui perwakilannya mengatakan jika saat ini sudah berusaha semaksimal mungkin melakukan perekaman dengan turun langsung dilapangaan seperti menyasar pemilih pemula di sekolah, lapas dan di Kecamatan.

"Kita berharap ada kerjasama dengan penyelenggara pemilu terhadap persoalan data ini," paparnya.

ANDI ILHAM