Kemendes Kukuhkan Sebanyak 1640 KPMD Kabupaten Bone

Penyambutan DIrjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes dan PDTT, Taufik Madjid - BONEPOS.COM/ISTIMEWA

BONEPOS.COM, BONE - Kementrian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) kukuhkan sebanyak 1640 kader pemberdayaan masyarakat dan desa (KPMD) di Lapangan Merdeka, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Senin (10/12/2018).

Pengukuhan tersebut, dipimpin langsung oleh Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes PDTT, Taufik Madjid.

Pengukuhan ini, merupakan rangkaian dari kegiatan Serasehan Desa Nasional (SDN) yang digelar Pemda Bone melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD).

Taufik Madjid mengingatkan peran KPMD yang dikukuhkan sebagai pendorong partisipasi dan gotong royong masyarakat untuk terlibat secara aktif dalam proses pembangunan desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pengendaliannya.

Hal tersebut, dalam rangka melakukan pendampingan implementasi Undang Undang No.6 Tahun 2014 tentang Desa.

“Pembangunan desa harus diarahkan untuk melahirkan desa yang kuat, mandiri dan lebih maju. Jadi pembangunan desa identik dengan tujuan Pembangunan Nasional, yaitu membangun manusia Indonesia seutuhnya dan seluruh masyarakat Indonesia," tuturnya.

Ilham Iskandar