Kirab Dokar Bakal Ramaikan Festival Lagaligo di Soppeng

Suasana persiapan pelaksanaan Festival Lagaligo di Waduk Ompo, Kabupaten Soppeg, Sulawesi Selatan. (BONEPOS.COM - NUR ALAM ABRA).

BONEPOS.COM, SOPPENG - Festival Lagaligo yang akan berlangsung di Waduk Ompo, Kabupaten Soppeg, Sulawesi Selatan, Senin 17 Desember 2018 mendatang bakal dimeriahkan dengan kirab budaya berupa pertunjukan dokar kuda.

"Nantinya ada beberapa dokar kuda akan berkeliling di kota Watansoppeng dengan kepesertaan utusan per kecamatan, dan semuanya berpakaian adat," kata Sekretaris Panitia Festival Lagaligo Andi Agus Setiawan kepada Bonepos.com, Selasa, 11 Desember 2018.

Adapun rute yang akan dilalui kirab dokar kuda ini, lanjut Andi Agus, yakni mengambil star di jalan Attang Benteng ke Kasatria, kemudian menuju Bundaran Lemon Patue, Mesjid Raya dan finis depan SDN 3 Lemba.

Sementara itu terkait tamu yang akan hadir, Agus mengungkapkan, bahwa pihaknya telah mengundang seluruh Kepala Daerah di Sulsel, termasuk Presiden Joko Widodo yang diundang khusus untuk membuka acara tersebut.

"Semua kepala daerah kami undang untuk hadir. Bahkan panitia berupaya menghadirkan Presiden Joko Widodo untuk membuka secara resmi Festival Lagaligo, tapi sampai hari ini belum ada konfirmasi dari protokoler Istana," ungkapnya

Untuk diketahui, Festival Lagaligo ini digelar dalam rangka untuk melestarikan budaya yang ada di Soppeng degan harapan Soppeng menjadi salah satu daerah wisata yang terkemuka di Sulawesi Selatan.

Nama Lagaligo ini sengaja diangkat karena merupakan bagian dari budaya, dimana Lagaligo adalah karya sastra clasik bugis yang menurut Unisco terpanjang di dunia melalui kisa Mahabarata.

Penulis: Nur Alam Abra