NCID Apresiasi Rencana DPR Bentuk Pansus e-KTP

Int

BONEPOS.COM, JAKARTA  - Direktur Eksekutif Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID) Jajat Nurjaman menyebut rencana DPR yang ingin membentuk Pansus e-KTP perlu didukung.

Terlebih lagi, kata Jajat, Wapres Jusuf Kalla sudah merestui pembentukan pansus tersebut.

Pasalnya, persoalan e-KTP yang tercecer ini merupakan permasalahan serius yang harus segera diselesaikannya karena sudah mengancam kerahasian data penduduk Indonesia.

“Langkah DPR atas pembentukan Pansus e-KTP ini sudah sangat tepat, karena permasalahan e-KTP yang tercecer ini sudah sangat fatal dan terjadi secara massif di berbagai wilayah. Sebaliknya langkah ini segera diwujudkan dan tidak hanya sebatas wacana apalagi ini merupakan momentum politik, kinerja DPR sangat menjadi sorotan masyarakat dan akan berpengaruh kepada pemilu 2019”, tegas Jajat.

Jajat menambahkan, atas kinerja buruk Kemendagri ini pihak yang paling dirugikan adalah Jokowi sebagai petahana pilpres 2019, Jokowi bisa dianggap gagal mengurus hal paling mendasar dari berbagai persoalan negara salah satunya tentang data kependudukan.

Sementara sikap diam dari Jokowi ini malah akan menimbulkan spekulasi negatif karena terbukti menteri asal PDIP yang ditunjuknya lansung ini tidak mempunyai kemampuan dalam bekerja secara profesional.

Baca juga:Pimpinan DPR Dorong Pembentukan Pansus E-KTP

“Di tahun politik seperti sekarang ini segala tindak tanduk yang dilakukan baik oleh DPR maupun pemerintah akan menjadi sorotan publik, dan terkait permasalahan e-KTP ini saya kira semua pihak harus bekerja secara serius karena pertaruhannya adalah pelaksanaan pemilu 2019, karena dengan hanya modal e-KTP palsu akan memunculkan jutaan pemilih siluman”, tutup Jajat.(ran)