Demi Tebus HP, Dua Pelajar di Bone Nekat Curi Tabung Gas

Ilustrasi (internet).

BONEPOS.COM, BONE - Dua orang pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, nekat mencuri di sebuah kios. Hal itu dilakukannya, karena tak punya uang untuk menebus handphone-nya yang digadai.

Kasat Reskrim Polres Bone, AKP Dharma Negara mengungkapkan, kedua pelaku diamankan personil Intelkam Polsek Tellu Siattinge, Rabu 12 Desember 2018, sekira pukul 11.00 WITA, tepatnya di jalan poros Bone-Wajo.

"Adapun identitas kedua pelaku yakni, SR, 18 tahun, warga Bajoe dan SA 18 tahun warga Tibojong. Keduanya berstatus sebagai pelajar di SMKN 2 Watampone," ungkap Dharma kepada Bonepos.com.

Dijelaskan Dharma, keduanya diamankan sehubungan dengan tindak pidana pencurian sebanyak 4 buah tabung gas 3 Kilogram, di kios milik Hj Becce, 60 tahun yang terletak di Desa Waji, Tellu Siattinge, Selasa siang, 11 Desember 2018 kemarin.

"Saat diamankan, keduanya mengakui perbuatannya, dimana hasil curian tabung gas tersebut dijual kepada salah seorang penjual di Pasar Palakka seharga Rp. 450 ribu, kemudian uangnya dipakai untuk menebus HP miliknya dan sisanya untuk beli rokok," jelasnya.

Lebih jauh Dharma menjelaskan, bahwa dari hasil introgasi, pelaku juga mengaku telah beberapa kali melakukan aksi yang sama yakni pada bulan April, Juli dan Desember, dimana yang dicuri adalah tabung gas 3 kilogram.

"Adapun barang bukti yang diamankan yakni 1 unit sepeda motor Yamaha Mio M3 125, No.Pol. No.Pol DD 5749 KC, warna putih, 2 unit HP masing - masing merek Coolpad, warna putih dan merek Asus warna hitam," ungkapnya.

Atas perbuatannya itu, kini kedua pelaku harus meringkuk di balik tembok sel tahanan Mapolsek Tellu Siattinge. Pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman 7 tahun penjara.

Penulis: Sugianto Warium