Disdik Bone Kekurangan Pengawas TK dan SMP, Ini Yang Dilakukannya

BONEPOS.COM, BONE.--Guna memenuhi kebutuhan Calon Pengawas di sekolah TK, dan SMP yang ada di Kabupaten Bone, Dinas Pendidikan Kabupaten Bone berencana akan melakukan seleksi calon pengawas (Cawas) di 2019 mendatang.

Ini disampaikan oleh Koordinator Pengawas (Korwas) Kabupaten Bone Sam Arif pada Bonepos.com Jumat (14/12/2018).

Menurutnya, saat ini kebutuhan seorang pengawas TK dan SMP memang diperlukan karena jumlah tenaga pengawas sekolah yang kurang. Apalagi tahun depan akan ada beberapa pengawas yang memasuki usia pensiun sehingga kebutuhan seorang pengawas memang diperlukan.

"Mereka yang mau menjadi pengawas itu akan didaftar dulu, lalu kita seleksi. Sekarang tinggal menunggu Surat dari Kementerian Pendidikan untuk dilakukan seleksi," ungkap Sam Arif.

Dia menambahkan, dalam proses pengangkatan pengawas sekolah tersebut, wajib melalui seleksi cawas dengan tiga tahapan antara lain, seleksi administrasi di tingkat Disdik, diklat cawas dan magang cawas tiga bulan.

Sekedar diketahui bahwa saat ini jumlah TK di Bone sebanyak 501 lembaga, sedangkan jumlah pengawas hanya 23 orang dari 50 yang dibutuhkan. Sama halnya jenjang SMP pada Januari 2019 mendatang akan kekurangan 3 orang pengawas dari 17 orang yang dibutuhkan.

Namun berbeda dengan jenjang Sekolah Dasar (SD) saat ini justru kelebihan pengawas sebanyak 28 orang yang jumlahnya saat ini mencapai 94 orang.

Berdasarkan rasio tugas pengawas masing-masing membina 10 sekolah, sedangkan jumlah SD di Kab. Bone 669 sekolah sehingga pengawas yang dibutuhkan hanya 66 pengawas.

Sugianto Warium