Sosialisasi Saber Pungli, Kapolsek Patimpeng Minta Masyarakat Tak Takut Melapor

Sosialisasi saber pungli di Aula Kantor Camat Patimpeng - BONEPOS.COM

BONEPOS.COM, BONE -- Polsek Patimpeng Kabupaten Bone gelar sosialisasi saber pungli di Aula Kantor Camat Patimpeng, Rabu (19/12/2018).

Sosialisasi tersebut, dalam rangka menyikapi maraknya pungli ditengah masyarkat yang kerap terjadi.

Kapolsek Patimpeng, Iptu Henri Aswan, SH mengatakan kegiatan ini, sebagai tindaklanjut arahan pimpinan Polri yang gencar saber pungli.

“Merupakan atensi pimpinan agar jajaran melaksanakan kampanye Saber Pungli," ujarnya.

Lebih lanjut, Iptu Henri menerangkan, secara umum pungli diartikan sebagai pungutan yang dilakukan secara tidak sah atau melanggar aturan, oleh dan untuk kepentingan pribadi oknum petugas.

Untuk itu, ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama memberantas pungli. Menurutnya, baik penerima dan pemberi sama-sama akan di berikan sanksi.

“Mari bersama kita berantas tindakan pungli, memberi dan diberi jelas sama-sama melanggar hukum," terangnya.

Berdasarkan aturan yang ada, untuk menindak para pelaku praktek-praktek pungli. Presiden RI mengeluarkan Perpres (Peraturan Presiden) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Sber Pungli).

Kapolsek Patimpeng juga menerangkan bahwa, pungli adalah termasuk gratifikasi yang merupakan kegiatan melanggar hukum. Dalam hal ini diatur dalam Undang-Undang No 20 Tahun 2001 Tentang Tindak Pidana Korupsi.

Sesuai UU tersebut, pidana bagi pegawai negeri atau penyelenggara negara yang melakukan gratifikasi adalah pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun.

Dan pidana denda paling sedikit Rp 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah) dan paling banyak Rp 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Hadir dalam sosialisasi Saber Pungli diaula kantor Camat Patimpeng, Camat Patimpeng Andi Ilham, S. IP, Kapolsek Patimpeng Aptu Henri Aswan,SH, Danramil Kahu-Patimpeng Kapten Inf Andi Usmi, Para Kepala UPTD, Para Kepala Desa, para Kepala Sekolah serta sejumlah staf Kecamatan Patimpeng.

Dalam sosialisasi kali ini digelar penanda tanganan fakta integritas tentang perang terhadap dan tentang perang terhadap Narkoba, oleh perwakilan kepala Desa, Kepala UPTD dan Kepala sekolah Se Kecamatan Patimpeng.

Amry Amas