Penuh Drama, Ini Penyebab Kandasnya Jose Mourinho di MU

Jose Mourinho

BONEPOS.COM - Manchester United (MU) akhirnya memecat Jose Mourinho, MU resmi memecat pria asal portugal tersebut pada, Selasa (18/12/2018). Sejak awal musim,

The Special One memang menjalani situasi yang penuh drama di Old Trafford. Ia sering bertengkar dengan manajemen klub setelah Direktur Ed Woodward membatalkan pembelian bek baru yang ia inginkan. Situasi internal yang tidak kondusif itu berdampak terhadap permainan Setan Merah.

Romelu Lukaku dan kawan-kawan kerap meraih hasil yang tidak maksimal. Setan Merah kini terpaku di peringkat enam klasemen dan tertinggal 19 poin dari Liverpool yang nangkring di singgasana.

Dengan raihan 26 poin itu, MU di bawah asuhan Mourinho menyamai catatan start terburuk di liga pada musim 1990-91 silam. Saat itu, Setan Merah masih dilatih oleh Sir Alex Ferguson.

Manajemen MU akhirnya sudah tidak bisa mentolerir kesalahan Mourinho, sehingga mereka resmi mengakhiri kerja sama mereka dengan mantan Manajer Chelsea tersebut.

(AP Photo/Jon Super)

"Manchester United mengumumkan manajer Jose Mourinho telah meninggalkan klub," bunyi pernyataan resmi klub.

"Klub ingin mengucapkan terima kasih kepada Jose untuk karyanya selama di Manchester United. Kami berharap dia sukses di masa depan. Seorang manajer pengganti akan ditunjuk sampai akhir musim. Klub akan melakukan proses rekrutmen menyeluruh untuk manajer baru," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Kehilangan Dukungan Pemain

Menurut legenda MU, Paul Ince, para pemain Setan Merah sudah muak dengan Mourinho. Hal ini karena The Special One terlalu sering mengkritik pemainnya sendiri di hadapan media.

Mulai dari Paul Pogba, Antonio Valencia, Luke Shaw hingga Alexis Sanchez, pernah kena semprot Mourinho. Pada akhirnya, sang pelatih kehilangan dukungan di ruang ganti.

"Fans tidak bodoh. Mereka bisa melihat para pemain tidak antusias bermain," ujar Ince.

(AFP/Ian Kington)

Menurut Marca, ada tiga pemain yang jadi biang kerok pemecatan Mourinho. Mereka adalah Pogba, Alexis dan Juan Mata.

Pogba sudah diketahui publik sering bersitegang dengan Mourinho. Bahkan hingga pemecatan terjadi, Mourinho tak bicara dengan pemain Prancis itu. Sementara Alexis merasa tak cocok dengan taktik Mourinho yang terlalu bertahan.

Adapun Mata sudah lama punya hubungan buruk dengan Mourinho. Keduanya tak akur sejak masih di Chelsea. Mata bahkan tak mau memperpanjang kontrak kalau masih ada Mourinho. Sekarang, dia mendapatkan keinginannya.

(Anthony Devlin/PA via AP)

Prestasi dan Pesangon

(AFP/Oli Scarff)

Petualangan Mourinho di MU memang hanya bertahan selama 2,5 tahun. Namun pelatih asal Portugal itu tercatat mampu membawa Setan Merah menjuarai Community Shield, Piala Liga dan Liga Europa. Semuanya ia raih di musim pertama.

Meski kehilangan pekerjaan, namun Mourinho juga tak perlu khawatir soal masalah keuangan. Ia menerima pesangon yang cukup besar dari Setan Merah.

Dilansir dari Daily Record, pesangon Mourinho mencapai 24 juta pound sterling atau setara Rp 440 miliar.

Editor : Nur Atika Pratiwi